Megawati Disebut-sebut Otak di Balik RUU HIP

- Juni 17, 2020
Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri disebut-sebut sebagai pencetus ide Rancangan Undang-undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP).

Wakil ketua MRP RI dan Ketua DPP PDI Perjuangan, Ahmad Basarah bereaksi atas tudingan tersebut dalam program Indonesia Lawyers Club (ILC) tvOne, Selasa, 16 Juni 2020.

Informasi terkait Megawati sebagai pencetus RUU HIP setelah Megawati dianggap sering mempidatokan perihal yang disampaikan oleh Presiden RI pertama Soekarno.

"Pertanyaan saya apa masalahnya kalau ibu Mega menyampaikan apa yang dipidatokan oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945," ujar Ahmad Basarah.

Pidato itu merupakan langkah Soekarno untuk menjawab pertanyaan dari Ketua sidang BPUPKI, Dr Radjiman Wedyodiningrat dalam menyampaikan gagasannya terkait dasar negara saat Indonesia merdeka.

"Lima tema yang dipilih yang diusulkan oleh Bung Karno pada pidatonya 1 Juni itu yang pertama dalam Pancasila yang kedua adalah Trisila dan yang ketiga adalah Ekasila gotong-royong," katanya.

Pidato Soekarno itu telah diterima oleh anggota BPUPKI sehingga tidak ada permasalahan jika Megawati menyampaikan kembali pidato dari Soekarno saat itu.
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search