BPIP: Pancasila Itu Mukjizat

- Juni 08, 2020
Ketua Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi mengatakan, Pancasila merupakan ideologi bangsa yang sangat unik. Karena Pancasila lahir sebagai alat pemersatu bangsa di tengah peperangan ideologi yang berkembang saat itu.

"Jadi Pancasila itu mukjizat ideologi unik, alasannya sederhana memang Pancasila mempersatukan ideologi yang bertarung ketika itu," kata Wahyudi dalam diskusi virtual terkait peringatan hari lahir Pancasila pada Senin (6/8).

Oleh karena itu, lanjut Wahyudi, di tengah pandemi seperti ini, Pancasila harus diimplementasikan sebagai optimisme melawan COVID-19. 

Sebab, menurut dia, COVID-19 tidak bisa dilawan dengan kekuatan militer, karena itu Pancasila diperlukan memperkuat optimisme menghadapi masa-masa sulit di tengah pandemi ini.

"Pancasila sekarang sedang melawan perang dunia dengan COVID-19. Mau agama atau politik itu terdampak. Tapi untuk hari ini kita bisa melihat bahwa teknologi militer bisa dilumpuhkan oleh makhluk gaib yang namanya COVID-19," tuturnya.
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search