Selain Abu Lahab, Ada Perempuan Cantik yang Murka dengan QS Al-Lahab

- Mei 06, 2020


Selain Abu Lahab, ada seorang lagi yang amat murka dengan turunnya Surat Al Lahab. Dia adalah Ummu Jamil, istri Abu Lahab. Begitu mendengar bunyi Surat Al Lahab yang  disampaikan orang kepadanya, hati Ummu Jamil menggelegak marah. Ia keluar rumah dan berjalan ke sana kemari mencari sasaran pelampiasan kemarahan. Tidak lama kemudian, ia bertemu dengan Abu Bakar. Amarahnya naik ke ubun-ubun.

"Apa maksud temanmu melantunkan syair tentang suami dan diriku?" bentak Ummu Jamil kepada Abu Bakar.

Abu Bakar mengerti bahwa yang dimaksud Ummu Jamil adalah Rasulullah.

Sebenarnya, saat itu Rasulullah ada di sisi Abu Bakar, tetapi Allah menutupi beliau dari pandangan Ummu Jamil. Sehingga Ummu Jamil tidak melihat Rasulullah SAW yg sedang berada di samping Abu Bakar.

"Demi Allah, temanku itu tidak pandai bersyair!" Sanggah Abu Bakar.

"Bukankah temanmu itu mengatakan bahwa di leherku ada tali dari sabut yang dipintal?"

Ummu Jamil meraba-raba lehernya. Di leher itu, ada untaian kalung yang amat indah. Ia mempertontonkan perhiasannya itu kepada Abu Bakar sampai Abu Bakar merasa jengah dan memalingkan wajah.

"Inilah tali sabut yang dimaksud temanmu itu?" Ejek Ummu Jamil sambil tersenyum. "Tidakkah ini merupakan tali sabut paling indah di dunia?"

Ummu Jamil kemudian berlenggak-lenggok genit sambil mempermainkan kalungnya. Ia tertawa dengan congkak. Abu Bakar tidak membalas, beliau cuma memejamkan mata.

Melihat Abu Bakar yang tetap tenang, Ummu Jamil melengos pergi sambil mengomel, "Semua orang Quraisy tahu bahwa aku adalah putri kebanggaan mereka!"

Seperti suaminya, Ummu Jamil sangat membenci Rasulullah dan kaum Muslimin. Begitu bencinya sampai ia menyuruh budak-budaknya melemparkan kotoran dan batu kepada Rasulullah setiap kali beliau lewat. Dan menebar duri2 di jalan yang akan dilewati oleh Rasulullah SAW.




*Ummu Jamil, istri Abu Lahab ini adalah wanita yang sangat cantik. Jarang ada yang bisa menandingi kecantikan Ummu jamil di tanah Arab saat itu. Makanya ia diberi nama Ummu Jamil yang berarti "ibunya kecantikan". Tapi sayang kecantikan wajahnya tidak diikuti dengan kecantikan hatinya sehingga gagal melihat cahaya hidayah yang dibawa oleh Rasulullah SAW.

Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search