Karena Ketegasan Anies, Angka Penularan Virus di Jakarta Menurun

- Mei 16, 2020

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menilai pembatasan aktivitas selama PSBB mungkin saja dilonggarkan. Akan tetapi harus memenuhi syarat bahwa angka penularan sudah berada di bawah 1.
Ia menegaskan pelonggaran tidak akan dilakukan selama syarat itu belum terpenuhi.

"Jakarta tidak berencana melakukan kebijakan pelonggaran sampai angka reproduction di bawah 1," kata Anies pada Sabtu (16/5).

Anies menjelaskan, di awal masuknya kasus corona di Indonesia, angka penularan corona di Jakarta berada pada kisaran 3,5 hingga 4,5. Artinya setiap satu orang positif bisa menularkan 3 sampai 4 orang lainnya.

Dalam diskusi Live Stream Fest di Vidio bertajuk 'Jakarta Setelah Pandemi', ia menyebutkan kini angka penularan virus corona di Jakarta mengalami penurunan ke angka 1. Artinya, satu orang positif bisa menularkan satu orang lainnya.

Penurunan angka penularan ini disebutnya terjadi setelah pemerintah melakukan intervensi. Misalnya dengan segala kebijakan termasuk penerapan PSBB yang masih berjalan hingga saat ini.
Angka itu pula yang kemudian menjadi acuan Anies untuk melonggarkan PSBB di Jakarta.

"Kita bukan bulan apa, tapi kalau di bawah 1," tegas dia.

Menurut dia, pembatasan masih diperlukan untuk mencegah penyebaran virus corona. Ia juga berharap masyarakat tetap mematuhi aturan itu.


Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search