Mengungkap Rahasia Allah di Balik Eropa yang Tingkat Kematian Covid-19 Tinggi

- April 07, 2020
Endak tau ya, ini bisa jadi sangat cocoklogi, unfaedah, dan sama sekali tidak empiris. Tapi, sebelum wabah Covid-19 ini, problematika kemanusiaan di Bumi yang paling menyayat hati juga termasuk mengenai gelombang para imigran dari negara-negara Afrika, Syria, Libya, dan dari tempat-tempat lain yang mencari suaka, umumnya ke Eropa.

Alasan para pengungsi tersebut ke Eropa, karena lokasi itu dekat dengan daerah asal para pengungsi, semisal Spanyol, Portugal, Italia, Turki, dan Yunani.

Tapi kehendak yang Di Atas berbicara lain. Melihat banyaknya negara Eropa yang menolak masuk para pengungsi tersebut, dengan berbagai macam alasan, Eropa memiliki angka kematian karena Covid-19 yang cukup besar, yaitu 48.686 jiwa, atau sekitar 70% dari total kematian per hari ini. Itu kalau saya tidak salah menambahkan angka-angka secara manual.

Negara-negara Eropa seperti Yunani, Siprus, Italia, berdalih kalau mereka menerima para pengungsi, maka negara mereka pun akan mengalami krisis karena influx para pengungsi yang dilihat sebagai "beban" ekonomi. Benarkah demikian? Bisa jadi perdebatan kopi Kapal Api sampe Kapal Tanker ga selesai-selesai baku hantam soal argumentasi ekonomi, politik, etis, filosofis, cocoklogi dsb soal ini.

Namun, postingan ini coba saya buat untuk melihat sisi lain dari Covid-19 ini, kira-kira hikmahnya apa?

Karena kalau kita melihat betapa pilu nya berita-berita mengenai imigran yang tenggelam, dihalau oleh para pemangku kepentingan, sehingga yang paling tragis adalah bocah bernama Alan Kurdi https://en.wikipedia.org/wiki/Death_of_Alan_Kurdi yang fotonya menyayat sesiapa yang melihatnya. Ada apa dengan kemanusiaan? Begitulah kira-kira pertanyaan yang menggelayut ketika foto-foto Sang Bocah meramaikan linimasa.

Bagaimana tidak cocoklogi ketika kemudian 70% dari total kematian Covid-19 ini ada di Eropa, setelah puluhan ribu orang pengungsi dari penjuru negeri konflik juga telah meninggal di laut Mediterania?

https://www.unhcr.org/news/press/2019/1/5c500c504/six-people-died-day-attempting-cross-mediterranean-2018-unhcr-report.html

https://time.com/5798241/migrants-crossing-mediterranean-deaths/

Jadi, kira-kira apa skenario Mu yang ingin Engkau perlihatkan kepada kami?


-- Fathan Asadudin Sembiring
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search