Tidak Jumatan Tiga Kali Gara-gara Korona Otomatis Kafir? Begini Penjelasan Ust Adi

- Maret 27, 2020

"Semisal tidak Jumatan tiga kali sudah dianggap kafir, lantas jika Corona ini sampai satu bulan berarti kita sudah tidak Jumatan empat kali. Nah itu gimana ya Ustaz?"

Pertanyaan itu dari seorang warganet yang ditujukan kepada pendakwah nasional Ustaz Adi Hidayat.

Ustaz Adi mengatakan bahwa Mmmang ada keterangan pada suatu hadits yang diriwayatkan salah satunya oleh Riwayat Abu Daud. Nomor Hadits 1052. Rawinya Abul Ja’d ad-Dhamri.

Dari Rasulullah SAW beliau pernah bersabda:
مَنْ تَرَكَ ثَلَاثَ جُمَعٍ تَهَاوُنًا بِهَا طَبَعَ اللَّهُ عَلَى قَلْبِهِ
”Siapa yang meninggalkan 3 kali jumatan karena meremehkan, maka Allah akan mengunci hatinya.”
"Tolong digarisbawahi kalimat 'tahaawunan'.  Tahaawunan itu meremehkan, menganggap remeh. Jadi kasusnya sengaja meninggalkan Jumatan. Bukan karena ada sebab tertentu. Yang secara syariat dia boleh mengganti Jumatan dengan sholat Dzuhur. Bukan sengaja meninggalkan Jumat karena sebab tertentu," kata dia pada kanal resminya.

Di hadits dikatakan siapa yang sengaja meninggalkan sholat Jumat sebanyak tiga kali karena meremehkan menganggap ringan ibadah Jumat itu. "Maka Allah akan menutup, memberikan cap kepada hatinya. Maka diancam Allah SWT, 'hati-hati nanti qolbunya bisa tertutup'," tutur Ust Adi Hidayat.

Dalam konteks orang yang tidak bisa Jumatan karena diduga penyebaran coronavirus misalnya, bahkan keluar fatwa Majelis Ulama Indonesia terkait persoalan ini.

Maka di sini berlaku hadits nabi kalau seorang hamba punya uzur bahkan uzurnya bisa sakit bisa karena sakit tertentu bahkan kalau tidak ada penyakit, safar (perjalanan jauh) sebab perjalanan itu bisa karena panjangnya hingga lelah atau karena masaqqoh (kesulitan) perjalanan yang menyebabkannya tidak bisa mengerjakan rutinitasnya.

Jangan sampai pulang dari masjid (Usai Jumatan) kita membawa virus ke rumah. Menjadi carrier virus bagi yang lain. "Ini penting untuk dipikirkan," kata Ustaz Adi.

Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search