Rupanya Pemimpin China Sudah Tahu Seminggu Sebelum Corona Mewabah

- Februari 17, 2020
Rupanya Pemimpin China, Xi Jiniping, telah menyadari potensi bahaya virus Corona semiggu sebelum peringatan umum. Itu diketahui dari pidato Jinping yang dirilis ke publik.

Corona wabahnya mulai terjadi pada bulan Desember di Wuhan, Ibu Kota provinsi China tengah Hubei. Sejak itu menyebar ke lebih dari 24 negara dan mendorong tindakan pencegahan dari pemerintah China, termasuk menutup kota dengan populasi gabungan lebih dari 60.000.000.

Setelah Presiden China Xi Jinping tidak terlihat memainkan perannya di depan publik pada awal epidemi, media China pada Sabtu malam menerbitkan pidato sang presiden pada 3 Februari. Dalam pidatonya, Jinping mengatakan ia memberikan petunjuk tentang memerangi virus sejak 7 Januari.

Jika pemimpin China telah menyadari potensi seberapa parahnya wabah dengan baik sebelum bahaya tersebut diketahui oleh masyarakat. Tidak sampai akhir Januari para pejabat mengatakan virus ini dapat menyebar antar manusia dan alarm publik pun mulai meningkat.

Ia memerintahkan penutupan pusat penyebaran virus.

"Pada 22 Januari, ketika epidemi menyebar dengan cepat dan tantangan pencegahan serta pengendalian, saya membuat permintaan yang jelas bahwa provinsi Hubei menerapkan secara komprehensif dan kontrol ketat atas arus orang keluar," kata Jinping dari New Zealand Herald, Ahad (16/2/2020).

Pada tanggal 23 Januari, Wuhan menjadi kota pertama yang memaksakan penghentian transportasi keluar. Ini belum pernah terjadi sebelumnya.
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search