Jangan Nonton Indonesia Lawyers Club

- Februari 19, 2020
Loyalis Jokowi yang juga budayawan, Goenawan Mohamad mengimbau publik untuk tidak menonton program acara Indonesia Lawyers Club (ILC) yang disiarkan stasiun televisi TV One. Pasalnya, menurut Goenawan, acara ILC bisa merusak filsafat.

“Jangan nonton Indonesia Lawyers Club,” ujar Goenawan seusai acara diskusi publik bertajuk “Menolak Pembusukan Filsafat," di Tjikini Lima CafĂ© dan Resto, Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (12/2/2020).

Menurut dia, dalam acara ILC yang terjadi bukan bertukar pikiran, tetapi ngotot-ngototan.

“Contoh yang paling baik di Indonesia Lawyers Club, bukan tukar pikiran, tetapi ngotot-ngototan, akhirnya, yang penting bukan kebenaran, tetapi suara yang paling ramai. Karena itu, saya tidak pernah nonton ILC, tetapi tidak fair kalau saya mengatakan acara itu tidak bagus,” jelas Goenawan.

Goenawan berharap masyarakat tidak menghabiskan waktu menonton sesuatu yang tidak ada tukar pikirannya. Goenawan pun menganjurkan agar masyarakat lebih menggeluti dunia filsafat dengan berbagai dialog, diskusi, dan tukar pikiran.

Goenawan menilai, bahasa pembusukkan filsafat terlalu berlebihan. Menurut Goenawan, yang terjadi saat ini sebenarnya hanya perusakan atau gangguan terhadap filsafat.

“Mungkin maksudnya pemikiran filsafat ada kerusakan karena tidak ada daya kritis, tidak ada diskusi, tidak ada penulisan sehingga dunia pemikiran mengalami gangguan. Saya pikir itu (istilah pembusukan) didramatisir saja, sekarang banyak yang berminat filsafat. Jadi, (filsafat) nggak membusuk, cuma dalam keadaan terganggu,”  kata Goenawan.
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search