Transportasi Makin Jos, DKI Raih Penghargaan Sustainable Transport Award 2020 dari USA

- Januari 17, 2020
DKI Jakarta kembali menorehkan prestasi. Ibu Kota Indonesia itu meraih penghargaan Honorable Mention di ajang Sustainable Transport Award 2020, di Washington DC.

"Alhamdulillah, berbarengan dengan 16 tahun TransJakarta, DKI Jakarta meraih Penghargaan Honorable Mention di ajang Sustainable Transport Award 2020, di Washington DC," kata Gubernur DKI Anies Baswedan pada Jumat (17/1/2020).

Honorable Mention diberikan atas usaha dalam memperluas sistem BRT, Transjakarta, integrasi antarmoda transportasi (JakLingko), dan peningkatan fasilitas pejalan kaki dan akses menuju stasiun dan halte angkutan umum. Serta kenaikan pesat jumlah penumpang TransJakarta hingga 200% dalam waktu kurang dari 3 tahun.

Jakarta masuk dalam nominasi STA 2020 karena banyaknya PERUBAHAN positif yang terjadi di Jakarta dalam kaitannya dengan sistem transportasi berkelanjutan.

"Kita masuk dalam putaran final bersama 12 kota dari berbagai negara di dunia, sebut saja Richmond (USA), San Jose (Costa Rica), Kingston (Canada), Bogota (Colombia) dan lain sebagainya. Dalam prosesnya, Jakarta menduduki posisi 3 besar bersama Pune (India) dan Kigali (Rwanda)," kata dia.

Hingga akhirnya Jakarta dianugerahi Honorable Mention. Juara STA 2020 tahun ini memang Pune. Tapi sejak penilaian selesai justru Jakarta lebih semangat lagi lakukan perbaikan, misal penambahan rute JakLingko, integrasi antarmoda semakin baik, penambahan jalur sepeda, complete streets diperbanyak, dan Pemprov DKI baru saja memulai kerja sama dengan PT KAI untuk integrasi dan penataan stasiun Jabodetabek.

"Pengakuan global ini adalah bonus bagi kita semua. Penghargaan terbesar justru dari warga Jakarta yg semakin sering naik transportasi publik karena merasakan manfaat langsung dari perbaikan yg dijalankan. Terima kasih kepada teman-teman yang telah ikut menjadi bagian dari perubahan di Jakarta," kata dia.
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search