Kemenkes Hakulyakin Tidak Ada Corona di Indonesia

- Januari 27, 2020
Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memberikan kepastian sampai saat ini tidak ada yang dinyatakan positif terjangkit virus Corona dari China.

"Kami sudah memeriksa itu. Sampai hari ini tidak ditemukan Novel Coronavirus di Indonesia," ucap Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, Anung Sugihartono, di Jakarta, Senin (27/1/2020).

Sejauh ini ada 13 orang yang masuk kategori people under observation. Mereka tersebar di beberapa rumah sakit di Indonesia yakni di RS Sanglah Bali dan RS Hasan Sadikin Bandung.

"People under observation sekarang sudah 13 dan 11 sudah ada hasilnya yaitu negatif dan dua sedang diperiksa, mungkin besok hasilnya keluar. Beberapa di Jakarta dan di Bali, dan juga ada di Banten," katanya.

Mereka yang masuk kategori people under observation ini karena mengalami gejala batuk dan pilek. Dari ke-13 orang tadi, belum satu pun dari mereka masuk ke kategori suspect atau terduga terpapar virus corona. Apalagi, sampai yang sudah terkonfirmasi positif virus Corona. Untuk itu, masyarakat diminta tak perlu khawatir.

"Pertama kita sebut people under observation, di mana semua orang yang punya gejala seperti batuk pilek itu masuk situ. Tapi, kalau gejala ada riwayat ke Wuhan atau riwayat kontak dengan yang sakit baru disebut suspect. Kalau suspect ditemukan Coronavirus baru disebut confirmed. Jadi, kami sampai hari ini sudah melakukan pemeriksaan yang masuk kategori people under observation, semuanya negatif. Ada dua sisi di sini, pertama respons karena setiap orang jadi paranoid, batuk dikit bilang Coronavirus," katanya lagi.
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search