Imam Besar Istiqlal: Tidak Semua Perbuatan Nabi Muhammad Harus Diikuti

- Januari 01, 2020
Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar mengungkapkan bahwa tidak masalah penggunaan cadar, dan celana cingkrang di kalangan umat muslim. Sepanjang dilakukan dengan penuh kesadaran hal tersebut merupakan hak asasi seseorang untuk menggunakan simbol-simbol tertentu.

"Yang salah kalau orang yang pakai cadar dan celana cingkrang itu mengharamkan, menajiskan kelompok yang tidak pakai cadar dan celana cingkrang. Sepanjang tidak saling menyalahkan, monggo," kata dia di masjid Baitut Tholibin Kemendikbud, Selasa (31/12/2019).

Saat tinggal di Kanada pada 1993-1994, Nasaruddin melihat banyak perempuan di negara itu juga mengenakan pakaian serba tertutup di saat musim dingin yang ekstrem padahal mereka bukan muslimah.

"Kalau pakai cadar itu wajib, mengapa Rasulullah mengatakan tidak sah haji-nya orang yang pakai cadar. Maka tidak ada satupun orang di Padang Arafah pakai cadar. Harus buka cadar semuanya, karena kalau tidak itu batal haji-nya," ujar dia kepada Tim Blak-blakan Detik.

Ia menegaskan Islam merupakan agama yang terbuka dan memandang kearifan lokal juga bisa menjadi sumber hukum. Tiap orang, kata dia, akan semakin memiliki diri sendiri jika memahami substansi agama dan mengakui adanya hak kultural dari tiap individu.

"Tidak perlu menjadi orang Arab untuk menjadi the best moslem," tegas Nasaruddin.

Ia mencontohkan bagaimana Nabi Muhammad SAW menggunakan tiga jari untuk makan karena makanan pokoknya adalah roti, sementara masyarakat Indonesia yang mengonsumsi nasi menggunakan lima jari.

"Kalau kita makan tiga jari kapan kenyangnya kan. Jadi tidak semua perkataan, perbuatan nabi harus diikuti. Jadi kapasitas nabi sebagai makhluk pribadi yang makannya tiga jari juga tidak harus ditiru oleh orang Jepang yang menggunakan sumpit,"ujarnya.




Advertisement

15 komentar

avatar

Berita ini layak dicermati krn ada ilustrasi foto pa Nasaruddin dg pa Jokowi. Pinter redaksinya.

avatar

Yu ah benahi banjir di Ibukota

avatar

Ya kalau orang yg beriman SDH tentu meniru caranya nabi biar sekecil apapun karna nabi adalah contoh tauladan ummat dan maaf kalau kami tak bisa mendengarkan perkataan Nasaruddin Umar karna anda bukan nabi cuma imam yang di bayar

avatar

Kehidupan nabi kehidupan yg seht apa adanya,tanpa haji,klo imam masjid besar kn dpt gaji,anda bukan nabi dan nabi besar muhhammad saw adlh nabi terakhir,mmg pernytaan spt ni yg bkin dunia mkin tua😃😃😃

avatar

Memang. Jancok kau.

avatar

Nabi Muhammad SAW adalah suri tauladan yg baik, baik perkataannya maupun perbuatannya jadi sekecil apapun harus kita ikuti,

avatar

Semua perkataan dan perbuatan nabi seharusnya kita contoh, namun sebagai manusia tidak akan bisa melakukan itu. Hal seperti itu gak usah dibilang, tanpa dibilang pun kita tak akan melakukan semuanya. Sama halnya dengan perintah Allah SWT tidak semua bisa kita lakukan, tapi itu gak usah dikatakan. Lakukan aja semampu kita. Kelak apa yg kita lakukan dan kita katakan akan dipertanggungjawabkan di akhirat

avatar

Banyak perkataan orang yg dianggap pandai agama justru membuat bingung umat...

avatar

Sori yo sob.
Bpk bukan siapa2.
Jadi ngapain saya mendengarkan perkataan ente.
Saya akan berusaha semampu saya untuk mengikuti semua apa yang dilakukan nabi.
Kalau koe takut dipecat jadi imam itu urusan sampean

avatar

Saya sangat setuju dan sependapat dg beliau Imam masjid Istiqlal Nazaruddin
Mengikuti sunnah Rasul merupakan perbuatan baik,sebagai wujud meneladaninya, namun hal tsb hrs dpt kita bedakan antara WAJIB dan SUNNAH, dan tentunya sunnah rasul yg lebih utama utk diikuti adalah AMALAN AMALANNYA yg disertai PRILAKU budi pekerti dan berakhlah mulya !!!

avatar

Yang kami ikuti printah dan ajaran rasululullah saw.. Bukan perintah imam maajid yg asal mangap..!!

avatar

Saya pecinta rosululloh, meskipun saya masih jauh menjalankan sunnah2 beliau. Namun apakah ada dalilnya yg menunjukan bahwa "tidak semua yg dilakukan rosul itu meski di ikuti??" Mana dalilnya??

avatar

Kalau mondoknya di istana yaa begitulah.

avatar

Kalau mondoknya di istana yaa begitulah.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search