Heboh Air Sungai di Gresik Berwarna Oranye, Ini Penyebabnya

- Januari 31, 2020

Warga yang berada di Jalan Bali dan Jalan Sambas Komplek Perumahan Gresik Kota Baru (GKB), Manyar, Gresik, dikagetkan dengan berubahnya warna air di saluran menjadi oranye.

"Saya kaget saat melintas jembatan kok warna airnya orange. Seketika itu saya beritahu para tetangga," kata Suti, warga Jalan Sambas GKB, Kamis (30/1/2020)..

Polres Gresik, Jawa Timur masih menyelidiki tumpahan pewarna pupuk yang terjadi di sungai, di Jalan Bali GKB, Kecamatan Manyar yang membuat warna air berubah menjadi oranye.

Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo mengatakan, insiden tumpahan bahan baku pewarna pupuk itu membuat sungai berubah warna, dan bisa dikenakan UU Tindak Pidana Lingkungan Hidup.

"Kami telah mengambil contoh air di sungai itu dan diajukan ke laboratorium, tujuannya untuk memastikan bahaya atau tidak," kata Kusworo pada Kamis (30/1/2020).

Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gresik Bahtiar Gunawan mengaku juga telah mengambil sampel air berwarna oranye tersebut.

Air ini merupakan cairan pewarna ZA milik PT Petrokopindo Cipta Selaras (PCS). Melihat air yang sudah menggenangi selokan, kami telah memanggil pemilik gudang untuk segera melakukan penanganan agar tidak mengalir kemana-mana," katanya.

Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search