Benarkah Wahyu Setiawan Cucu Gembong PKI?

- Januari 14, 2020

Beredar sebuah kabar bahwa mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan merupakan cucu dari Ketua Umum Pertama Partai Komunis Indonesia (PKI) Semaun. Wahyu disebut anak dari Slamet Samaun, anak dari Semaun. 

"Pekerjaan Wahyu Setiawan seumur-umurnya adalah KPUD dan KPU.  Tapi kekayaannya Rp 12,5 M.  Koruptor berat sejak dulu. Ia anaknya Slamet.  Sedangkan Slamet anaknya Semaun, gembong Gestok PKI," kata akun Djoko Edhi.

Jika merujuk Historia.id dalam artikel berjudul "Semaun dan Sneevliet, Kisah Persahabatan Dua Orang Revolusioner", Semaun menikah dengan perempuan Rusia. Dari pernikahan pada awal 1945, pasangan itu melahirkan seorang anak bernama Rono Semaun.

"Belakangan (Rono) dikenal sebagai penerjemah karya-karya sastra Indonesia ke bahasa Rusia," tulis Historia.
Adapun di Wikipedia, Semaun terpantau memiliki dua anak. Yaitu Rono Semaun dan Rini Semaun. 

Merujuk dari berbagai sumber, Semaun tidak memiliki anak bernama Slamet Samaun yang disebut sebagai ayah dari Wahyu Setiawan. Artinya, tak ada catatan sejarah ataupun jejak digital terkait pria bernama Slamet Samaun.

Nama Wahyu mencuat karena terjaring operasi tangkap tangan (OTT) ala Komisi Pemberantasan Korupsi. Wawan ditetapkan sebagai tersangka kasus suap pengurusan penggantian antarwaktu (PAW) calon anggota legislastif DPR RI dari PDI Perjuangan.

Jadi, klaim bahwa Wahyu Setiawan adalah cucu dari Semaun, gembong PKI, adalah tidak benar. 

Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search