Anies: Banjir Tinggal 3 Persen

- Januari 04, 2020
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebutkan banjir di hampir seluruh wilayah Jakarta telah surut. Wilayah yang masih terendam banjir hanya tinggal 3 persen saja.

"Saya sampaikan data per hari ini. Jadi pada 2 Januari kemarin ada 390 RW yang tergenang, kemudian kemarin tinggal 133 RW dan sekarang masih ada 65 RW. Dari 15 persen tinggal 3 persen,” kata Anies  di Kampung Pulo, Jakarta Timur, Sabtu (4/1).

Hingga saat ini seluruh wilayah yang terkena dampak banjir sedang dalam tahap recovery. Dia berharap proses ini bisa dilakukan dengan cepat.

“Sekarang masih terus dalam proses penyurutan air, kami bersyukur pengendaliannya berjalan dengan cepat. Tadi kami inspeksi ke beberapa lokasi terutama sekolah-sekolah bisa berfungsi kembali Senin esok,” kata Anies.

"Kemarin, ada 211 sekolah yang tergenang. Sekarang 207 sudah bebas dan dalam proses pembersihan. Tinggal tiga lagi yang masih mau dituntaskan,” ujar Anies.

Untuk mempercepat proses ini, Pemprov DKI Jakarta akan menyelenggarakan kerja bakti, Minggu (6/1). Kerja bakti akan dilakukan di 311 kelurahan dan dimulai pukul 06.00 WIB.

“Besok kami akan menyelenggarakan kerja bakti bersama untuk mengajak seluruh warga bersama aparat pemerintah, TNI polri untuk bekerja di tempat-tempat yang kemarin tergenang,” kata Anies.

“Kerja baktinya hari minggu jam 6 pagi sampai ham 11 pagi di 311 kelurahan. Diselenggarakan semuanya,” ujar Anies.

“Proses pembersihan. Dilakukan bersama. Mengapa kami mengajak juga. Untuk mempererat rasa kebersamaan dan ini dialami oleh warga Jakarta,” kata Anies.

“Walau pun kawasan cuma 15 persen, yang 85 persen bebas banjir. Kami ajak semua membantu lokasi yang cepat terjadi banjir,” ujar Anies.


Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search