Warga Rohingya Ditembak Militer, Yang Lain Tak Berani Keluar Rumah

- Desember 26, 2019
Pada tanggal 21 Desember, Militer Myanmar membunuh seorang pemuda Rohingya di Kyun Pauk Pyu Su, kota Maungdaw, Negara Bagian Rakhine.

Beberapa perwira militer memanggil administrator desa Kyun Pauk Pyu Su dan menunjukkan kepadanya mayat orang Rohingya pada 22 Desember.

Menurut penduduk desa yang melihat mayat itu, pria berkemeja gelap dan celana panjang itu mengalami luka tembak di kepalanya.

Administrator kemudian memindahkan jenazah ke Rumah Sakit Umum Maungdaw.  Staf medis kemudian menyerahkan jenazah ke Rohingya di Myo Ma Ka Nyin Tan, pusat kota Maungdaw di mana dia dimakamkan.

Menurut orang Rohingya di Kyun Pauk Pyu Su dan pusat kota, tidak ada yang tahu siapa orang itu atau dari mana dia berasal.

Beberapa penduduk desa di Kyun Pauk Pyu Su mendengar beberapa kali penembakan sekitar pukul 7:00 waktu setempat pada 21 Desember. Karena ketakutan dan jam malam, penduduk desa tetap terkunci di dalam rumah mereka.

Pembunuhan itu terjadi hanya dua minggu setelah sidang kasus genosida di Pengadilan Internasional di Hauge di mana penasihat negara Aung San Suu Kyi mendukung aksi genosida terhadap Rohingya dan meyakinkan Pengadilan bahwa perwira militer yang bertanggung jawab atas pembunuhan puluhan ribu orang Rohingya dijatuhi hukuman di bawah sistem peradilan militer meskipun banyak petugas diampuni dalam beberapa bulan.

Gambia yang mengajukan kasus terhadap Myanmar, menyerukan Mahkamah untuk segera memberikan langkah-langkah sementara untuk mencegah segala tindakan genosida, untuk memastikan militer menghentikan kejahatan, untuk menghentikan penghancuran bukti genosida, untuk memberikan akses ke Myanmar untuk penyelidikan.

Kekejaman terhadap Rohingya masih dilakukan oleh pasukan bersenjata dengan imunitas penuh.
Advertisement

1 komentar:

avatar

Semoga Allah mengirimkan dan memberikan azab bagi mereka yg berbuat kmungkaran dan kdzholiman dan menyelamatkan umat islam yg tertindas terDzholimi....


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search