Tanpa Banyak Omong, Anies Buktikan Jakarta Kota Paling Rukun Beragama

- Desember 12, 2019
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyerahkan sebuah mesin kremasi kepada umat Hindu ke Pura Segara di Cilincing, Jakarta Utara.

Pemberian alat kremasi, kata dia, merupakan dalam satu kerja dari pemerintah untuk menjamin masyarakatnya.

Sekitar 1,5 tahun yang lalu, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menyatakan pernah berkunjung ke Pura Sagara dalam pemberian tanah makam. Akan tetapi, kata Anies umat Hindu mengaku membutuhkan alat kremasi.

"Alhamdulillah kita bisa bersyukur. Tanggung jawab kami kepada masyarakat Hindu tertunaikan," kata Anies di Pura Segara, Graha Yadnya, Cilincing, Jakarta Utara, Rabu (11/12).

Ia menyatakan Jakarta harus tetap menjadi kota persatuan. Sebab keberagaman Indonesia berkumpul menjadi satu di Ibu Kota negara.

"Jadi perasaan bersatu dan tidak itu hasil usaha. Seringkali kita banyak membicarakan beragamnya, lupa sesungguhnya yang unik dari Indonesia itu adalah persatuannya. Kalau beragamnya, banyak tempat lain," papar dia.

Sementara itu Ketua Suke Duka Hindu Dharma, Made Sudarta mengaku alat kremasi sangat diperlukan saat prosesi keagamaan.

"Umat Hindu yang ada di Jakarta sangat sangat terbantu untuk proses upacara Manuseyatnye, yaitu kalau di Bali namanya Ngaben," jelasnya.

Apa yang dilakukan Anies seolah menjawab hasil penelitian bahwa DKI Jakarta menjadi provinsi yang memiliki skor dibawah rata-rata nasional dalam Indeks Kerukunan Umat Beragama tahun 2019 yang dirilis oleh Puslitbang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama.

Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search