Di Depan Pemuka Budha, Menag: Semua Agama Miliki Tujuan Sama

- Desember 18, 2019

Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan bahwa semua agama di Indonesia memiliki tujuan yang sama.

Hal tersebut disampaikan Fachrul Razi di hadapan ratusan pemuka agama Buddha, dalam acara Silaturahmi Bersama Menteri Agama dan Evaluasi Pelaksanaan Program Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha Kementerian Agama.

“Kedamaian ini juga sangat besar sekali dampaknya. Bukan saja bagi pembangunan kehidupan agama saja, tetapi juga terhadap pembangunan ekonomi sebuah bangsa,” katanya di Jakarta Pusat, Rabu18 Desember 2019.

“Saya baru pulang dari sebuah negara Arab yang sangat maju pimpinannya. Ia mengatakan gini ke saya dan  beberapa teman, ‘Anda bangun hotel mewah banyak. Siapa yang mau tinggal di situ? Kan harus  ada orang datang (untuk) tinggal. Orang enggak akan datang kalau kehidupan di tempat Anda tidak damai tidak tenteram mustahil,” ujarnya.

Fachrul menyimpulkan, kedamaian menjadi salah satu syarat agar sebuah negara dan bangsa dapat bergerak maju. “Damai itu sangat perlu dibutuhkan bukan hanya dalam kaitan pembangunan agama tapi juga dan kaitan pembangunan ekonomi bangsa kita,” katanya.

“Saya kira, semua agama memiliki tujuan yang sama, yaitu memperbaiki akhlak. Dalam Islam, Rasulullah itu diturunkan untuk memperbaiki akhlak. Dan ini ujungnya tentu kedamaian,” katanya.

Dia menambahkan, "Dan tadi saya mendengar, dibacakan dalam Dhammapada, umat Buddha diajarkan bahwa pertengkaran membawa petaka. Jadi, kalau masih kita bertengkar saja, kapan majunya bangsa ini."

Dalam silaturahmi  ini dihadiri sekitar 200 pemuka agama Buddha. Hadir pula Dirjen Bimas Buddha Caliadi, Biku Sangha, Ketua WALUBI Hartati Murdaya, dan Ketua Permabudhi Arief Harsono.
Advertisement

1 komentar:

avatar

Dalam hal kebaikan sesama manusia sih sama tapi dalam hal memilih jalan menuju surga/neraka dan apa jalannya sesuai petunjuk si pemilik jalan pasti beda. Karena ada jalan sesat ada jalan benar.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search