Cara Bersedekah dengan Pengemis Palsu

- Desember 11, 2019
Tidak sedikit di jalanan kita menemui pengemis yang sebetulnya tidak layak disebut sebagai orang yang ringkih sehingga harus mendesak untuk meminta-minta. Lalu bagaimana kita harus bersikap? Lebih lagi ketika mendidik anak kita menghadapi situasi seperti ini.

Pengasuh Lembaga Pengembangan Da'wah dan Pondok Pesantren Al-Bahjah Yahya Zainul Ma'arif yang lebih akrab disapa Buya Yahya memberikan sejumlah nasihat dan tips.

"Di saat kita mengurusi orang-orang dimana ada momen ada banyak mafia pengemis, dan grup-grup pengemis sebagainya yang nggak fakir dan sebagainya. Gini lho ya, tujuan kita yang pertama dan utama bukan sekadar menolong orang," kata Buya Yahya dalam sebuah siaran radio beberapa waktu lalu.

Yang pertama dan utama, kata dia, adalah menjaga hati kita. Kita berbuat baik bukan semata-mata ingin menolong dia. "Yang terpenting dalam berbuat baik adalah menjaga hati kita agar tetap hidup dan peduli," 

Kalau misalnya kita melihat tanda-tanda orang itu bohong atau tidak layak ditolong seperti pengemis kekar dan sebagainya, kita ajarkan kepada anak kita agar hati anak-anak kita tetap hidup.

" 'Sayang, sekiranya kalau kamu melihat orang yang tidak pantas untuk dikasih tapi dia minta-minta, maka kamu tidak boleh pelit. Kamu tetap keluarkan duit tapi jangan dikasihkan kepada dia. Kasihkan kepada orang lain yang membutuhkannya'.  Yang penting hati anak kita hidup. Jangan sampai jadi anak pelit nantinya dan gampang prasangka buruk pada orang lain. Kalau gitu kapan sedekahnya?"

Pernah suatu kali Buya bertanya kepada pengemis yang seorang ibu-ibu. "Ibu ini yayasan dari mana?" Pengemis tersebut tidak bisa menjawab dan menyebutkan yayasan yang dimaksudkan. Rupanya ibu pengemis itu hanya membawa kotak untuk keliling.

"Akhirnya kalau seperti itu jangan dikasih. Tapi ingat, jangan pelit. Tetap Anda keluarkan (sedekah) tapi tidak pada orang tersebut. Nah, seperti ini cara mendidik anak-anak kita," tutur Buya.
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search