Menag Akan Kerahkan 260 Ribu Penceramah untuk Berantas Radikalisme

- November 22, 2019
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Suhardi Alius mengungkapkan Menteri Agama Fachrul Razi akan menyebar 260 ribu penceramah. Hal itu dilakukan demi  meminimalisir paham-paham radikal.

"Pak Menteri Agama mengatakan, pada saat bertemu wapres itu, kita punya 260 ribu penceramah dan akan kita aktifkan itu. Kita akan tentukan di mana saja titik titik prioritas, mudah mudahan ini adalah hal yang sangat baik," kata Suhardi di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (21/11).

Nantinya, kata dia, BNPT akan mengkaji titik-titik mana yang dinilai rawan paham radikal untuk kemudian para penceramah ini disebar.

Saat ini BNPT dan Densus 88 terus bekerja sama memantau pergerakan terorisme. Hadirnya 260 ribu penceramah ini diharapkan dapat mengubah cara berpikir masyarakat, baik yang belum terpapar ataupun sudah terpapar paham radikalisme.

"Mereka bergerak, kelompok-kelompok dan dia tidak bunyi. Dan kalau bunyi pasti akan segera diambil oleh kelompok, dan bertemu baru mereka mendiskusikan hal semacam itu. Ini modus modus baru harus kita waspadai, sel-sel itu semua kita monitor," tuturnya.

"Tapi kan ada modus-modus yang berubah, karenanya waspada mereka juga. Tapi yang paling penting adalah mindset itu masih ada harus kita waspadai. Ini perlu serta masyarakat semuanya," lanjutnya.

Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search