Kiai Ma'ruf: Masalah Cadar Pemerintah Ada Aturannya

- November 01, 2019
Kumparan

Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberikan tanggapan tentang pernyataan Menteri Agama Fachrul Razi yang berwacana larangan penggunaan cadar atau niqab di instansi pemerintah.

Aturan larangan cadar di instansi Pemerintah, menurut dia, demi penegakan disiplin. Sebab setiap instansi Pemerintah memiliki aturan dalam berpakaian.

"Masalah cadar itu kan mungkin ada keinginan supaya pemerintah ada aturannya. Pakaian seperti apa, tentara harus seperti apa, tentara perempuan, polisi perempuan, kemudian juga PNS seperti apa. Jadi itu dalam rangka disiplin saja. Penegakan disiplin,” ujar Ma’ruf di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Jumat (1/11/2019).

Ia tidak menampik, aturan itu bagian dari upaya menangkal paham radikalisme di instansi Pemerintah. Paham radikalisme saat ini, menurut dia, tidak selalu dalam bentuk kekerasan tetapi juga ideologi.

"Apakah radikalisme ideologi, bisa juga radikalisme separatis. Separatis juga dengan senjata itu juga radikal, karena dia ingin menggunakan. Ada juga kelompok ideologis. radikalisme ideologis. Saya kira kalau itu dibiarkan akan merusak keutuhan bangsa," ujar Ma'ruf.


Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search