Jadi Khatib Jumat, Menteri Agama Singgung Al Hujurat: 13

- November 01, 2019
Menteri Agama Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi mengajak seluruh jemaah umat Islam yang melaksakan Sholat Jumat untuk bertakwa kepada Allah SWT.

Ia mengutip Alquran surat Al Hujurat ayat 13 yang memiliki arti. "Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling takwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal." bunyi ayat tersebut.

"Mengapa Tuhan menciptakan bangsa ini berbeda-beda, supaya saling mengenal satu sama lain," ujar Fachrul saat dirinya menjadi khatib Sholat Jumat di Masjid Istiqlal Jakarta Pusat, Jumat (1/11/2019).

Selain Allah menurunkan ayat 13 Al Hujarat itu, kata dia, Allah SWT berfirman dalam Alquran yang memerintahkan agar umat manusia menjaga persatuan agar tidak bercerai berai.

"Di sini letaknya pelajaran tentang toleransi, kasih sayang, rahmat, hubungan silaturahmi antar satu sama lain," katanya.

Fachrul menyampaikan, bahwa Allah SWT telah mengutus seorang Nabi Muhammad SAW untuk menyebarkan agama Islam di muka bumi dengan penuh kasih sayang dan menyerahkan Islam yang rahmatan lil alamin.

Ia menyinggung pemimpin yang tidak adil.

"Islam juga memberi pelajaran kepada pemimpin, jika pemimpin tidak adil, maka rakyat tidak bahagia," ujarnya.

Indonesia, kata dia, merupakan miniatur dunia yang begitu banyak beragam dengan perbedaan. Karena itu, para pendiri bangsa sudah menyusun beberapa konsep agar jangan sampai bangsa ini pecah belah.

"Para pendiri bangsa juga menyusun Bhinneka Tunggal Ika, Pancasila, UUD 1945, dan kesepakatan untuk membangun negara," ujarnya.

Advertisement

1 komentar:

avatar

Alhamdulillah. Waspadalah dalam bertutur kata.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search