Dua Politisi PKS Beri Wejangan Nadiem Makarim

- November 06, 2019
Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mardani Ali Sera memberikan wejangan kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim.

Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin lima tahun ke depan 2019-2024 memang fokus meningkatkan kualitas sumber daya manusia  (SDM). Maka, aspek pendidikan tidak bisa terelakkan.

"Tahun 2020, sebanyak Rp 505,8 triliun dianggarkan khusus untuk bidang ini. Jumlah tersebut 20 persen dari total APBN kita," kata Anggota DPR Fraksi  PKS itu melalui media sosial yang dikutip pada Rabu, 6 November 2019.

Besarnya anggaran ternyata belum cukup jika tidak diiringi strategi yang tepat, peningkatan efisiensi agar pendidikan tepat guna.

"Saya melihat ini momen bagi pemerintah untuk mengembangkan SDM yang beretika dan berdaya saing di kancah nasional maupun internasional," ujarnya.

Sementara itu Anggota Komisi X DPR Ledia Hanifa Amaliah meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim untuk ingat dan fokus pada tujuan pendidikan yang menjadi fondasi dasar sistem pendidikan di Indonesia, sebelum menerapkan aplikasi sistem pendidikan.

"Penerapan teknologi dalam sistem pendidikan adalah langkah positif di era digital. Namun, Pak Menteri harus ingat dan berfokus pada tujuan pendidikan yang menjadi fondasi dasar sistem pendidikan di negeri ini," kata Ledia di Jakarta, Senin, 4 November 2019.

Ia mengatakan, tujuan pendidikan nasional tercantum dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Menurut Pasal 3 Undang-Undang tersebut, tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

"Membaca tujuan pendidikan nasional tersebut, kita bisa memahami bahwa tumbuh kembang karakter dan kepribadian peserta didik secara positif menjadi fokus utama," tuturnya.

Menurut Ledia, pengembangan dan penerapan aplikasi sistem pendidikan sekolah harus menjadi fokus pendamping dari fokus utama berupa upaya peningkatan dan pengembangan pendidikan karakter.
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search