Anies Keluarkan Kartu Baru yang Bikin Warga Sejahtera, Ini Syarat Mendapatkannya

- November 07, 2019

Menjelang akhir 2019, Pemprov DKI Jakarta di bawah kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali mengeluarkan sejumlah kartu yang memberi kemudahan dalam memperoleh kebutuhan primer dan sejumlah fasilitas umum lainnya.

Selain ada Kartu Jakarta Pintar (KJP) untuk pelajar, jangkauan kartu kesejahteraan sosial kini makin diperluas untuk warga dari berbagai latar belakang. Salah satunya dengan adanya Kartu Pekerja Jakarta (KPJ) yang diperuntukan khusus untuk warga Jakarta yang telah bekerja.

Data dari Pemprov DKI Jakarta, sejak diluncurkan pada akhir 2018 lalu, sudah ada sekitar 17.934 orang yang telah menerima Kartu Pekerja Jakarta. Dengan adanya KPJ, warga bisa mendapatkan berbagai fasilitas untuk mempermudah aktivitas sehari-hari.

Seperti mendapatkan keanggotaan JakGrosir sehingga bisa berbelanja kebutuhan sehari-hari dengan harga murah. Pemegang KPJ juga bisa menikmati fasilitas TransJakarta secara gratis ke berbagai tujuan.

"Dengan Kartu Pekerja ini dapat manfaat, satu transportasi umum gratis menggunakan sistem JakLingko. Kedua, fasilitas keanggotaan di JakGrosir sehingga bisa belanja kebutuhan sehari-hari dengan harga yang lebih murah," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (1/11/2019).

Bahkan bagi pekerja yang telah memiliki anak, otomatis akan terdaftar sebagai anggota KJP Plus. Fasilitas tersebut bisa dimanfaatkan untuk membeli kebutuhan sekolah hingga gratis akses ke area rekreasi dan edukasi.
Untuk mendapatkan fasilitas bagi pekerja dan buruh, ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi oleh pekerja saat pengajuan KPJ. Pemohon harus memiliki Kartu Tanda Penduduk DKI Jakarta, berpenghasilan maksimal atau setara dengan UMP + 10 persen UMP, serta tidak dibatasi masa kerja.

Sedangkan mekanisme pengajuan KPJ, pemohon harus mengumpulkan fotokopi KTP, KK, NPWP, Slip Gaji dan Surat Keterangan dari Perusahaan. Setelah itu, pemohon melakukan pembukaan rekening Bank DKI (minimal deposit 50.000 rupiah), dan Bank DKI akan mencetak kartu bagi pemohon yang dinyatakan lolos verifikasi.

Sebagai upaya untuk memperluas jangkauan KPJ, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi DKI Jakarta bersama Bank DKI nantinya akan terus mendistribusikan kartu di titik-titik yang telah disepakati dengan Federasi Serikat Pekerja atau Serikat Buruh.


Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search