Ujung Nasib Santri yang Pernah 'Ramal' Prabowo Itu Menteri: Ibunya Entah ke Mana

- Oktober 29, 2019
Santri yang pernah viral gara-gara menyebut Prabowo Subianto salah satu menteri pada 2016 silam ternyata kini tak lagi belajar di Pondok Pesantren Asrama Perguruan Islam (API) Tegalrejo, Magelang. Santri itu bernama Muhammad Azkal Fikri. Ia berasal dari Desa Kuripan Lor Gang 23, Kelurahan Kuripan Yosorejo, Kecamatan Pekalongan Selatan, Kota Pekalongan.

Kini, ia memutuskan pulang ke rumah untuk membantu keluarga.

Semestinya ia belajar di Ponpes API Tegalrejo Magelang selama 10 tahun. Namun di tahun kelima, dia memutuskan keluar dari pondok.

"Saya pulang dari pondok bukan karena saya sudah males atau tidak betah di pondok, tapi karena saya merasa kok saya tidak berbakti sama orang tua. Saya akhirnya pulang," katanya di rumah neneknya, Kelurahan Kuripan, Kota Pekalongan, Senin (28/10/2019).

Fikri kini sibuk bekerja membantu pamannya mencetak kartu dan menenun. Saat libur, dia memanfaatkan waktunya untuk belajar di kamar yang dibuatnya sendiri di atas dapur rumahnya dengan menggunakan bambu.

Ia terus mengasah ilmunya yang telah dia dapat selama lima tahun nyantri di Ponpes Tegalrejo. Terkadang, bila rasa kangen dengan suasana pondok, Fikri mengaji dan kadang membuka ponsel rekaman di Youtube.

Pengalaman paling berkesan dirinya adalah bertemu dan bersalaman langsung dengan Jokowi. Kadang ia tersenyum sendiri melihat jejak digitalnya saat menjawab pertanyaan Jokowi.

Saat itu dirinya memang menginginkan sepeda yang terpajang di panggung. Sambil berdoa, dirinya meminta sepeda dan ternyata doanya terkabulkan.

Anak muda itu merupakan anak pertama dari pasangan Ali Mukti dan Eni Robiyanti. Sejak usia tiga tahun, Fikri ditinggalkan ibunya yang pergi entah ke mana.

Sejak kecil Fikri bersama adiknya, Dewi Faradillah dirawat neneknya, Timbul. Ayahnya pekerja serabutan sehingga Fikri memutuskan sendiri untuk keluar dari pondok.

Nenek Fikri menyebutkan, cucu keempatnya itu memang berkeinginan kuat untuk menjadi santri sejak kecil. "Dia lulus SD langsung mondok. Katanya pengin mondok saja," ucapnya.


Sumber: iNews

Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search