Mendikbud Nadiem Makarim Rupanya Nikah Beda Agama

- Oktober 24, 2019

Mantan bos Gojek yang kini menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim rupanya menikah beda agama.

Ia menikah dengan perempuan bernama Franka Franklin. Nadiem sendiri beragama Islam, sedangkan istrinya adalah pemeluk Katolik.

Informasi tersebut menyeruak di media sosial lewat sejumlah foto yang diunggah oleh akun Twitter Katolik Garis Lucu (@KatolikG) pada Rabu (23/10/2019).

Ada tiga foto yang diunggah akun garis lucu itu. Dua di antaranya adalah foto kolase yang menggambarkan momen pernikahan Nadiem dan Franka.

Foto kolase pertama menggambarkan ketika keduanya melangsungkan pemberkatan di sebuah gereja. Nadiem dan Franka tampak duduk menghadap altar. Terlihat pula deretan bangku yang berada di depannya terisi penuh.



Di kolase foto lain tampak keduanya berhadap-hadapan sembari mengeluarkan senyum. Sementara itu, di belakang ada pastur yang menengadahkan tangan untuk memberkati mereka yang mengikat janji suci. Pastur itu rupanya Romo Yohanes Sudrijanta. Nikah di Gereja Santa Maria Perawan Ratu Blok Q.

"Indonesia tdk mengakui nikah beda agama. Utk dapat dicatatkan oleh negara, haruslah satu agama. Jd biar bs dicatatkan, mereka harus memilih tercatat menikah secara agama Kristen ataukah Islam sehingga salah satu dari mereka ada kemungkinan seolah2 pindah agama biar bisa tercatat," respons warganet bernama AK Nugraha.

Pernyataan itu dibantah oleh warganet beragama Kristen.

"Baca2 lagi bro. Banyak perkawinan beda agama di selenggarakan di gereja katolik dengan tidak perlu pindah agama. Asalkan salah satu pasangan bersedia melangsungkan di gereja (yg mana tidak komuni kudus), dan anak2 harus dididik katolik sampai umur 18 baru boleh pilih agama lain," kata warganet bernama Ignatius Galih.


Advertisement

32 komentar

avatar

Bagus tuh... Pilihan...jadi mendikbud.. biar jadi contoh seluruh anak didik jumat ke masjid..minggu ke gereja..mantap

avatar

gimana bisa jadi pendidik rakyat yang berakhlak dan berpendidikan..wong pendidikan akhlaknya aja jeblok

avatar
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar

tunggu saat kehancuran pendidikan akhlaq agama anak anak indonesia.....sbb mentrinya aja agamanya ga jelas....nanti yg mau di terapkan agama apa....hancur minah...moral bangsa ini.

avatar

tunggu saat kehancuran pendidikan akhlaq agama anak anak indonesia.....sbb mentrinya aja agamanya ga jelas....nanti yg mau di terapkan agama apa....hancur minah...moral bangsa ini.

avatar

Setiap orang punya hak untuk memutuskan punya kepercayaan apa dan memilih siapa pendamping hidupnya, jangan selalu menghakimi orang lain lantaran beda keyakinan atau perbedaan apapun, berkacalah depan cermin dan tanyakan pada hatimu sendiri, sudahkah engkau menjadi makhluk beragama yang baik dan benar di hadapan Allah?

avatar

Moral bangsa bukan ditentukan oleh agamanya apa, siapa presiden nya, siapa menteri nya, tetapi moral yang baik Di awali dg pendidikan dalam keluarga dan lingkungan yang baik...

avatar

Gak lama jga di reshuffle 😆

avatar

Yang penting adalah prestasinya nanti sbg mendikbud... waktu yg akan menentukan... soal agama itu wilayah peribadi... negara ini bukan negara agama tetapi NKRI berdsrkan Pancasila.

avatar

Mending mengkritisi kebijakannya nanti sebagai mendikbud, drpada mengkritisi agamanya apa. Apalagi ada yg mengomentari bhw moralnya jeblok krn punya istri non muslim...

avatar

Yang salah yg memilih beliau jd Mendikbud. Dia mah ga salah krn hanya dipilih.

avatar

Ndak masalah coba ajah dulu sampe 100 hari pertama berprestasi tidak? Gtu saja kok repot klo khawatir eksoduskan anak anaknya ke ponpes

avatar

Haram nikah beda agama, sama dgn zina

avatar

Bukan masalah menghakimi.mas bro setiap agama punya aturan syariat masi g masing didalam.menjalankan keyakina nya,agamamu bagi mu agama.ku bagimu,jangan di campur adukkan dengan perasaan.mas bro.kita beragama dan punya tatanan dan aturan yang harus dijalankan sebagai penganut agama,jadi bukan ikut aturan nafsu....

avatar

Ternyata di indonesia nie,msh banyak org goblok.. Agama dicampur adukan dgnn politik,,liat dlu hasil kerjanya..asssaaallllll aja..

avatar

Jangan menyalahkan Nadiem, Nadiem nggak tahu apa-apa salahin ajah yang milih dia jadi Menteri...

avatar

Gk usah menghakimi. Sedangkan yang ngakunya beragama akhlaknya gk jelas koq. Akhlak itu ditentukan dari pembentukan karakternya. Percuma ilmu agama selangit kalau karakternya jelek. 😁

avatar

Siapa tau nediem.makarim jg sebenarnya adalah, kristen cmStewart sedang menjalankan misi sesuatu atau sedang mengincar suatu jabatan jadi dia terpaksa ikut perintah seseorang yg minta dia melakukannya

avatar

Blm apa2 uda pada pikiran negatif...kenapa nggak loe aja yg sok suci nawarin diri jadi menteri.kayak hidup loe uda paling benar aja

avatar

Semoga anak didik kita dilindungi oleh Allah SWT amiin...

avatar

Mantappp nadiem makarim,,agama itu adalah hak setiap individu yg di imaninya

avatar

Situ kalian bilang akhlaknya rusak, tapi prestasi jauh diatas anda. Nah anda akhlak baik tapi prestasimu gimana???
Kembali kita ini cari kemajuan atau cari akhlak?
Lagian itu hak manusia sebagai ciptaanya yang maha esa. Kalian ndak berhak menghakimi mereka!!! Siapa kalian? Kalian Tuhankah!!!???

avatar

Gak lama lagi kurikulum akan diubah

avatar

Kasiang mendikbud...apa yang kau cari sayang...CERAIKAN SAJA ISTRIMU..itu ZINA

avatar

Pelajari Agama kita masing2, kemudian amalkan betul2 dan jika merasa bertengan dengan pemerintah carilah jalan yang baik untuk mendiskusikannya.......?

avatar

Bila satu urusan diserahkan pd yg bukan ahlinya, tunggu saja masa kehancurannya

avatar

Hadeehh Indonesia ku , pantesan bisa dijajah 350 thn , karena kerelaan di jajah asal tetap di 'ijinkan' beragama tertentu,nah
Mustinya kemerdekaan lah yang di atas
Segalanya termasuk kepentingan p" agama apapun itu...

avatar

Ini alumni 212 yang dulu dukung Prabowo yang nari2 di gereja itu ya?

avatar

استغفر الله العظيم

avatar

klo nanti diperjalanan rumah tangganya, ternya istrinya jadi masuk islam gara2 ngeliat nadiem sbgai umat yang baik, bukannya dapet pahala besar?

avatar

orang orang bacot tanpa prestasi tapi mabok agama. 212 anjing

avatar

Kaum mabok agama 212, ngapain ngurusun kepercayaan orang


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search