Alasan Mereka Menolak Babi dari Polisi

- Oktober 01, 2019

Bantuan ternak babi yang diberikan pihak Polres Yahukimo pada pekan kemarin, tegas ditolak Kepala Suku Kimyal Nopius Yalak.

“Saya mewakili suku Kimyal bersama masyarakat Kimyal menolak bantuan dalam bentuk apapun dari Kapolres Yahukimo,” tegas Nopius di Dekai Yahukimo, Senin (30/9/2019).

Penolakan itu dilakukan pihaknya lantaran tidak sesuai dengan adat dan budaya Kimyal.

“Budaya Kimyal tidak bisa kasih babi sembarang seperti ini. Kami pun tidak bisa terima begitu saja, sebab Polres berikan bantuan dalam situasi di Dekai yang tidak aman. Sebenarnya apa di balik dari semua ini?” tanya Yalak.
Yalak juga mengklarifikasi mengenai berita yang beredar di media sosial bahwa warga masyarakat Kimyal telah menerima bantuan dari Polres Yahukimo.

"Gea Busup dan Betius Soll itu bukan kepala suku. Mereka itu hanya mengatasnamakan sebagai kepala suku. Yang masyarakat suku Kimyal tau adalah Nopius Yalak yang kepala suku dan Alapian Yalak sebagai ketua adat suku Kimyal,” jelas dia.

"Suku kimyal tidak pernah menerima bantuan dalam bentuk apapun dari TNI/Polri. Jadi masyarakat Yahukimo jangan percaya berita hoaks yang beredar di Medsos,” tukasnya.

Penolakan itu dilakukan pihaknya dengan mengembalikan seekor babi oleh Alpian Yalak kepada perwakilan pihak Polres Yahukimo.

Warga masyarakat Kimyal, saat melakukan penolakan itu, membentangkan sejumlah poster yang bertuliskan “masyarakat suku Kimyal menolak bantuan babi dari Polres Yahukimo”.

Sumber: Suara Papua
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search