Saat UAS Menghilang Selama 4 Bulan

- September 11, 2019
UAS
Pendakwah masyhur Ustaz Abdul Somad (UAS) rupanya sempat menghilang selama empat bulan di tahun 2019. Lalu ke mana saja dan apa yang dilakukan UAS?

"Saya selama empat bulan tidak ada tausiyah sama sekali. April, Mei, Juni, Juli. Apa sebabnya? Tanyakan rumput yang bergoyang," kata UAS saat peluncuran buku beberapa waktu lalu. "Tapi jamaah merasa saya tetap tausiyah. Karena tetap ada di TvOne dan YouTube. Itulah untungnya direkam," ungkap dia.

Ia mengaku dirinya sedang fokus mengerjakan disertasi dan menulis buku. "Saya sebenarnya fokus nulis disertasi yang tertunda karena terdaftar dari tahun 2017 dan menyerahkan tulisan di 2019. Karena kalau sampai tiga tahun tidak ada akan kena denda," kata dia.

"Kemudian disela-sela menulis disertasi saya sempatkan menulis yang lain. Biar tidak bosan. Ini penting, jangan siapa ada yang menyangka yang menulis orang lain. Saya paham orang husnuzon, di antara rambut yang hitam ada wig yang palsu. Di antara padi yang menguning, ada rumput plastik. Maka perlu kita jelaskan. Supaya tidak ada dusta di antara kita," ujar dia menambahkan.



Saat ditanya oleh presenter pasangan suami istri Adrian Maulana dan Desi Elshanti, bagaimana UAS membagi waktu disela kesibukan?

"Habis sholat subuh, bangun kira-kira jam tiga atau jam empat. Menjelang sholat subuh dibaca dulu. Habis subuh, nulis apa yang bisa ditulis, menulis hingga sampai zuhur. Lalu makan, juga sholat zuhur. Saya kalau nulis, nulis aja. Kalau jalan, jalan aja. Saya nggak bisa jalan sambil nulis," kata dia yang disambut tawa oleh jamaah.

"Karena dulu dididik seperti itu. Jadi di (Universitas) Al-Azhar liburnya itu Juli, Agustus, awal September. Jadi libur dua bulan setengah itu, kita pergi jalan-jalan. Jalan ke pantai Alexandria, sewa cottage, wah banyak uang? Nggak. Satu cottage diisi 20 orang. Tidurnya kayak ikan sarden. Dari Kairo ada yang bawa beras, ada yang bawa telur ayam, ditaruh di bag. Disangka orang backpacker. Supaya sampai sana nggak beli nasi. Kalau sudah waktunya belajar, memang belajar terus," ujar dia.





Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search