Menteri Indonesia Kena Semprot Menteri Malaysia Gara-gara Asap

- September 13, 2019
Menteri Energi, Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Lingkungan, dan Perubahan Iklim; Yeo Bee Yin, mengatakan bahwa fakta dari data jelas menunjukkan bahwa Indonesia bertanggung jawab atas kabut asap di Malaysia.

Pernyataan itu sebagai respons atas pernyataan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia, Siti Nurbaya Bakar, yang tak terima Indonesia dituding sebagai penyebab tunggal munculnya kabut asap di Malaysia.

“Biarkan data berbicara sendiri. Menteri Siti Nurbaya tidak boleh menyangkal," tulis Yeo melalui media sosialnya, Rabu (11/9/2019).



Data menunjukkan bahwa Indonesia bertanggung jawab atas kabut asap, dan Menteri Siti Nurbaya tidak boleh mendorong kesalahan ke pihak Malaysia.

Siti Nurbaya menilai Malaysia tidak transparan tentang kebakaran hutannya sendiri. Data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Indonesia yang mengatakan kabut asap dari kebakaran di Kalimantan terdeteksi menyeberang ke Malaysia hanya satu jam pada 8 September. Dia dilaporkan akan mengirim surat kepada duta besar Malaysia untuk mengoreksi data dari negara tetangga tersebut.
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search