Letak Kesalahan Jokowi Saat Tinjau Lokasi Kebakaran Hutan di Riau

- September 17, 2019
Presiden Joko Widodo melakukan peninjauan lokasi kebakaran hutan di Riau. Ia menekankan pentingnya menjaga komitmen semua pihak untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla). 

"Pencegahan itu lebih efektif. Pencegahan itu tidak membutuhkan biaya banyak, lebih efektif, tetapi kalau sudah kejadian seperti yang kita lihat sekarang ini, sudah kerja yang luar biasa (sulitnya)," ujar Jokowi  saat meninjau lokasi karhutla di Desa Merbau, Kecamatan Bunut, Kabupaten Pelalawan, Kota Pekanbaru, Riau, Selasa (17/9/2019) siang. 

Ia bertanya sejumlah hal kepada beberapa aparat yang bertugas memadamkan kebakaran di lokasi. 

Api yang telah membesar membuat penanganan karhutla memerlukan waktu lama.  "Saya tanya tadi TNI dan Polri yang ada di sini sudah berapa hari (bertugas). Sudah lebih dari satu bulan. Lebih dari satu bulan," ujar dia.  



Apalagi, kata Jokowi, lahan yang masih terus diupayakan pemadamannya tersebut merupakan lahan gambut yang memang relatif lebih sulit untuk ditangani. Ia mengatakan, pemerintah melalui Polri akan melakukan upaya penindakan hukum bagi pihak-pihak yang terbukti melakukan pelanggaran yang menyebabkan terjadinya kebakaran lahan. 

"Kalau kita lihat luasannya (lahan) besar sekali. Ini terorganisasi. Nanti coba ditanyakan Pak Kapolri penanganannya secara detail," ucap presiden. 

Jokowi berharap agar masing-masing pihak menjalankan komitmen pencegahan kebakaran hutan dan lahan agar peristiwa yang terjadi saat ini tak terulang kembali. 

"Perlu kita ingatkan agar pencegahan oleh desa, camat, bupati, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, polsek, koramil adalah yang pertama harus dikerjakan. Kalau sudah kejadian akan sulit," ucap dia. 

para petugas menggunakan masker, Jokowi tidak


Rilis pernyataan dan foto Jokowi itu beredar di media massa dan daring. Akun selebtwit @kafiradikal menyebutkan bahwa Jokowi melupakan satu hal.

"Hebat presiden Jokowi. Foto-fotonya berserakan di jagat maya, berjalan mengelilingi areal bekas hutan terbakar tanpa pake masker sementara para petugas memakai masker. Kurang dramatis sih, harusnya di tengah hutan yg menyala2, nah berkelilinglah di sana. No debat," kata akun tersebut.

Sementara media massa Tempo memberikan judul yang langsung nembak, "Tanpa Masker, Jokowi ke Tengah Lokasi Karhutla Riau."
Advertisement

1 komentar:

avatar

Lanjutkan perjuanganmu pak jkw jgn hiraukan ocehan atau lecehan kubu sakit hati biarin aja ntar jg gila sendiri dia


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search