Kesalahan Fatal Jokowi Ucap Istirja' Saat Sambutan Pemakaman Habibie

- September 13, 2019



Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi memberikan sambutan saat upacara pemakaman Presiden Ketiga RI Baharuddin Jusuf Habibie atauBJ Habibie.

Sayangnya, Jokowi melakukan kesalahan fatal saat mengucapkan kalimat istirja' atau tarji'.

"Innalillahi wa inna ilahi rajiun. Innalillahi wa inna ilahi rajiun. Innalillahi wa inna ilahi rajiun," kata Jokowi di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).



Jokowi mengucapkan kesalahan tersebut sebanyak tiga kali.

Hal tersebut direspons oleh penulis buku Ketika Anies Baswedan Memimpin, Muhamad Husnil.

"Nganu, Pak Jokowi. Yang benar itu ilaihi, bukan ilahi. Kalau ilahi, mestinya dibaca nashab karena didahului inna. Tapi, gramatikanya keliru," kata Husnil.

"Yang benar itu ilaihi:  ila harf jar, dan Ha dhamir muttashil yang rujukannya ke Allah. Yang benar: Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun," kata dia membetulkan.

Kesalahan pengucapan yang dilakukan Jokowi bisa disaksikan di tayangan stasiun televisi tvOne.



Advertisement

28 komentar

avatar

Katanya cucu rosululloh, katanya utusan Alloh untuk memperbaiki indonesia, katanya imam besar kok berantakan semua.

avatar

Buat gerombolan 212 sih pak jokowi mana ada benar nya. 😁😁

avatar

Saya bukan gerombolan 212.. tapi memang yg diucapkan salah.. apalagi beliau muslim dan pemimpin. Harus diperbaiki..

avatar

Kmu yg mengangap 212 gerombolan..brarti kmu bukan muslim..gak tau yg benar..hanya bisa menghujat kebenaran
.klo gak tau ttntang ayat2 kmi muslim mnding kmu diam

avatar

Sudah gak anek jae mah

avatar

Yang salah harus di luruskan siapapun dia.

avatar

Sudah terbiasa. 🙏🙏🙏

avatar

Biasa kalau orang jawa gtu jawa tengah

avatar

Jangan karena you pendukungnya yg salah jd benar, salah tetap salah dan harus dibetulkan

avatar

Mohon dimaklumi dan dimaafkan kawan... Saya bukan pendukungnya tapi saya dukung kalian mengatakan yg salah adalah salah.

avatar

Mr pion... lahawla katak katak

avatar

Waduuhhh salah lagi.. Yg buat teksnya gimana itukan plecident bukan kaleng2 dan bagi yg bilang grombolan 212 anda adalah salah satu manusia yg termasuk golongan dungu

avatar

Buat rombongan togog , jokontol udah dianggap tuhan, ga pernah salah.

avatar

Katanya mirip nabi musa...

avatar

Pantesan anaknya boleh kawin sama yg beda agama lawong agama islamnya aja perlu di pertanyakan

avatar

Bak kata pepatah "ulah bisa karna biasa".
Jadi, harap maklum saja, dan pura-pura gak tau aja kita cara ngucapin innalillahi...

avatar

Gerombolan Alumni 212 adalah nama yg memang pantas digelar oleh kelompok tersebut Krn memang gerombolan 212 semuanya adalah org2 sawah,,,eeehh sory org2 sableng dan gurux rata2 gendeng 😂😂😂😂😂

avatar

Tergantung belajar Ngaji atau tidak,orang jawa atau Bukan kalau Belajar Ngaji ya pinter Tajwid Mengucapkan yg bener,,ini mah ketahuan salah mulu

avatar

Selalu begitu,, dinampakkan lahirnya lgsg ketika mengucapkan sesuatu.
La kalo katak makan kolak katak2 makan katak

avatar

Jadi teringat Al-Fatekah sdh yg belain itulah dialek org Jawa utk ngomong Al-Fatihah. Kita tunggu lg apa pembelaan ttg Ilahi ini ya...

avatar

Mau gerombolan 212 atau bukan, yg benar tetap benar, yg salah tetap salah. Itulah cerminan kalo perbuatan banyak riya nya..!


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search