Satu Kebohongan Terkuak Soal Pemindahan Ibu Kota

- Agustus 30, 2019
Isu pemindahan ibu kota Indonesia terus bergulir. Banyak kecacatan dan bukti bahwa banyak yang belum beres soal itu.

Lembaga swadaya masyarakat Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) menyatakan belum pernah ada pembicaraan antara pihaknya dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) terkait Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) untuk kawasan ibu kota baru.

Menteri LHK Siti Nurbaya yang menyatakan pihaknya menggandeng Walhi untuk melakukan studi lingkungan di kawasan Kalimantan Timur yang akan menjadi lahan ibu kota baru.



"Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) sebagai organisasi lingkungan hidup yang disebutkan dalam pernyataan Menteri LHK tersebut, perlu menyampaikan kepada publik, bahwa belum pernah ada pembicaraan dengan Walhi terkait Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) yang akan dilaksanakan oleh KLHK," demikian pernyataan tertulis Walhi pada Kamis (29/8).

Direktur Eksekutif Nasional Walhi, Nur Hidayati meminta pemerintah membuka seluruh kajian yang telah dilakukan dalam beberapa tahun terakhir terkait lokasi ibu kota baru kepada publik. Hal tersebut, katanya, agar publik bisa memberi penilaian yang obyektif dan berbasis bukti atas rencana lokasi ibu kota baru RI tersebut.

"Sampai hari ini, Walhi berpandangan rencana pemerintah untuk memindahkan ibu kota ke Kalimantan Timur perlu dikritisi secara cermat dan luas oleh masyarakat, karena didasarkan pada argumentasi yang sepanjang pengetahuan publik tidak jelas kajiannya, serta berpotensi menimbulkan dampak sosial-ekologis yang besar bagi warga dan lingkungan hidup di Kalimantan Timur," tutur Nur Hidayati.
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search