Choky Sitohang Ceramahi UAS: Anda Keliru Mengartikan Salib

- Agustus 22, 2019
Setelah Anggun Cipta Sasmi dan Ari Wibowo, kini giliran artis Choky Sitohang yang ikut memberi tanggapan soal tuduhan penghinaan agama yang dilakukan Ustaz Abdul Somad atau UAS.

“Yang kami kasihi: Ustad Abdul Somad,” kata politisi Perindo dalam kalimat pembuka dan bentuk penghormatan Choky untuk UAS pada Rabu, 21 Agustus 2019.

Ia menuliskan kalau dirinya lahir di negara yang menjunjung tinggi Bhineka Tunggal Ika, dan memilih agama yang diturunkan dari orang tuanya yakni Kristen. Namun seiring berjalannya waktu, pria kelahiran Bandung itu merasa bahwa agamanya selalu memberi pemahaman untuk selalu berbuat baik dan menghargai perbedaan.

“Damai sejahtera bagimu dan keluargamu. Saat saya dilahirkan di negeri yang ber-Bhineka Tunggal Ika ini, sy tdk bs memilih apa agama sy selain yg diyakini oleh orang tua saya, yaitu agama Kristen. Tetapi seiring sy bertambah dewasa dan mengenal kasih Tuhan, sy pun menjadi percaya sepenuh hati bahwa firman-Nya adalah KEBENARAN dan KASIH. Tuhanlah yg memampukan sy menjadi org yg menghargai perbedaan dan menghormati keyakinan orang lain,” tulis Choky.




Ia tetap menegaskan bahwa Yesus memang mati di atas kayu salib menanggung dosa umat manusia. Salib inilah yang disebut UAS dalam ceramahnya didiami oleh jin kafir.

"Anda tdk percaya kebenaran ini? Sy menghormati pilihan Anda. Tetapi itu tidak mengubah fakta, 2000 tahun yg lalu Yesus meninggalkan keilahian-Nya, menjadi serupa dgn manusia dan mati diatas kayu salib, menanggung dosa kita. Krn tdk ada jalan lain bagi manusia utk memperoleh pengampunan dari Tuhan jika Yesus tdk mengorbankan diri-Nya," tulis Choky.

UAS, kata dia, telah keliru mengartikan salib. Choky meyakini bahwa ada kuasa yang luar biasa di balik salib. Kuasa itu mampu memberi kebaikan dalam hidup.

“Anda telah keliru mengartikan Salib. Itu bukan simbol belaka; tetapi ada KUASA dibalik Salib yg mampu mengubahkan hati yg penuh kebencian menjadi penuh kasih dan kelemah-lembutan, lidah yang mengolok menjadi kata yg penuh berkat, sikap yg sombong dan arogan menjadi rendah hati; dan yang terutama: membawa kegelapan menjadi terang,” tulis Choky.
Advertisement

12 komentar

avatar

Saudara choki meyakini agamanya spt yg dia jelaskan itu bagus harus dihormati keyakinannya, tapi juga choki harus menghormati keyakinan UAS sebagai seorang Muslim ttg bagaimana kedudukan salib dalam keyakinan Islam, jgn paksakan pandangan keyakinan agama anda pada UAS yg Muslim.

Anda tdk mempercayai Alquran dan nabi Muhammad itu haq anda juga.
Mari dewasa dalam menyikapi perbedaan,
Dan bisa membedakan antara perbedaan pandangan keyakinan dg pelecehan / penghinaan. Semoga kita rukun menghormati perbedaan, bersatu dalam perbedaan.

avatar

Yang Ustadz UAS baca kitab suci agama yang diyakini kebenaranya dan disampaikan kepada umat Islam falam forum umat Islam.....bukan di tempat umum.
Lain soal kalau disampaikan ditempat umum atau kepada umat non muslim....
Apa pernah orang Islam mempermasalahkan ceramah atau khotbah para pendeta ataupun penceramah agama lainnya ???
Bhinneka Tunggal Ika itu.....menerima perbedaan dan menghargai keyakinan masing masing.....bukan mempermasalahkan agama ataupun kegiatan keagamaaan umat agam yang lain.....
Mohon maaf atas kebodohan saya

avatar

penafsiran yg dangkal bung choky,bagi kami tak ad kuasa atau power dalam salib krn hanya benda mati yg ad dibumi, dan setahu sy salib pd 2000 th yg lalu sbg simbol kematian utk para penjahat,pembunuh,perampok dll pd saat itu..jd amat naif klo lambang salib diagungkan seharusnya blur krn lambang penderitaan dan kesedihan bg para terdakwa 2000 th yg lalu,silahkan sj jika anda meyakini tp kita tdk meyakini, UAS berbicara didpn forum tertutup dan tanya jawab sah2x sj jika bicara seperti itu krn dikami tdk boleh ad lambang dan patung krn tmpat singgah jin dan setan...dan aqidah yg disampaikan sesuai dgn ajaran Islam knp kaum nasrani tersinggung kan aneh!!!

avatar

anda berbicara sesuai dengan keyakinan anda, begitu juga kami, UAS berbicara dalam forum umat islam, wajar dia mengingatkan jamaahnya, para pendeta juga dalam khotbah didepan umat kristiani banyak yg menjelek2an islam, itu urusan kalian, jadi masing2 sajalah.

avatar

Lakum di ukum waliyadiin... Agama anda silahkan yakini... Dan agama kami tenru kami yakini....

avatar

Maaf sdr. Choky...apakah kami marah klo para pendeta menyebut kami Sebagai domba yg tersesat....

avatar

Saya islam tdk pernah mempermasalahkan mau itu salib,domba yg tersesat,yg penting bagiku agamaku bagimu,,dan islam adh agama yg sempurna dan yg terakhir yg saya yakini

avatar

Ngarang dah atas gw...
Kata siapa bung domba tersesat ditujukan buat muslim?
Domba tersesat itu ditujukan BUKAN untuk di luar kristen, tp umat kristen sndiri yg hidup nya jauh dr Allah....
Bisa tunjukkan pendeta yg bilang islam domba tersesat?

avatar

Salib bukan ranah agama lain selain Kristen.
Ngapain pula si Somad membahas hal yg bukan domainnya ?

avatar

Itu karna coky tidak beriman terhadap alquran...
Sampai di sini faham lah... Tidak perlu saliNg mengarah kan yang kesemua nya itu bertentangan dg keyakinan yang di anut.. Maaf coki anda mungkin punya prinsip tetapi somad jg punya prinsip..

avatar

Ok GPP ngomongnya d tempat tertutup..tapi suaranya kedegaran smpe klwr..ya klo ngomongnya nda pke toak nda masalah ini kedegaran smpe klwr

avatar

Moga ustad diberikan pengampunan..


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search