Anies Sulap Lahan Kosong di Balaikota

- Agustus 03, 2019
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyulap lahan kosong di Balaikota menjadi kebun.

"Alhamdulillah, kita bersyukur sekali. Sekarang Balaikota punya kebun, Balkot Farm. Ukurannya tidak besar, tapi InsyaAllah dampaknya besar. Kenyataan di Jakarta kini, lahannya terbatas untuk kegiatan pertanian perkebunan. Tapi bukan berarti kegiatan pertanian dan perkebunan dihilangkan. Saya ingin memberikan apresiasi kepada inisiatif ASN Pemprov DKI Jakarta untuk membuat kawasan ini yang asalnya lahan kosong, sekarang menjadi sebuah kebun," kata Anies pada 2 Agustus 2019.

Balkot Farm, kata dia, menjadi contoh budi daya tanaman secara vertikal melalui hidroponik yang memanfaatkan lahan sempit di perkotaan. Balkot Farm merupakan hasil kolaborasi beberapa instansi di lingkungan Pemprov DKI Jakarta seperti Diskominfotik, DKPKP, Biro Umum, Dinas Kesehatan, dan juga Bank DKI.

"Kami mengajak kepada masyarakat Jakarta agar memanfaatkan kawasan yang masih terbuka di lingkungannya untuk kegiatan cocok tanam secara vertikal. Apalagi, tanaman yang dibudidayakan tidak hanya membuat lingkungan menjadi lebih segar, tetapi juga berfungsi sebagai apotek hidup melalui tanaman herbal maupun konsumsi sayur kaya protein untuk kebutuhan pangan sehari-hari," ungkapnya di Jakarta.

Balkot Farm juga akan menjadi percontohan dari budi daya tanaman perkotaan berbasis teknologi karena memuat papan informasi dengan QR Code khusus. QR Code tersebut nantinya akan terhubung dengan situs https://balkotfarm.jakarta.go.id/ yang menjelaskan jenis tanaman serta khasiatnya bagi kesehatan. Melalui pemanfaatan teknologi informasi digital tersebut, ia berharap Urban Farming lebih dekat ke generasi muda di wilayah Jakarta.

"Gerakan Urban Farming ini akan disebarluaskan di seluruh Jakarta dengan kerja sama Karang Taruna, Tim Penggerak PKK, dan tim Pelopor Petani Kota," kata dia.

Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search