Menikam Logika Bengkok SMA Zaman AADC versus SMA Berhijab

- Juli 02, 2019
Di media sosial beredar perbandingan anak SMA zaman film Ada Apa dengan Cinta (AADC)

dengan SMA yang berhijab.

"Era 80 - 90an dan era sekarang.. " kata akun tersebut.



Bagaimana menanggapi hal tersebut?


----

Oleh: Dzikri Asykarullah

Kalau buat konten yang bertujuan untuk menjatuhkan Islam itu mbok ya dipikir dulu, sesuaikan konteksnya:

1. Membandingkan foto dari potongan film yang jelas untuk tujuan komersial dengan kondisi SMA di pesantren jelas berbeda.

2. Apakah konteks film AADC yang merupakan cerminan anak SMA di ibukota sama dengan keseluruhan sekolah di Indonesia pada periode 89-90 an? tentu tidak, periode itu memang hampir tidak ada yg berjilbab tp baju dan rok panjang.

3. Konteks seragam siswi di pesantren juga tidak bisa dijadikan gambaran siswi SMA saat ini, kalau mereka menggunakan cadar atau berbaju panjang ya memang karena mereka tinggal di lingkungan pesantren, dan SMA umum juga masih banyak yang tidak berbaju panjang.

Jadi berdasarkan konteks awal dalam membangun wacana yang sudah salah tersebut jangan coba untuk di arahkan ke isu arabisasi dan lain lain, di pesantren siswa nya belajar kitab berbahasa Arab karena itu memang tempat belajar agama.

Kalau belajar agama hanya lewat Google dan YouTube dibilang Islam hijrah yang keblinger, nah ini anak anak yang serius belajar Islam di pesantren dan pakai seragam panjang dan ada yg bercadar dibilang terpapar budaya arab,

Jadi udah tahu kan tujuan orang-orang itu apa?!
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search