Mahfud MD: Habib Itu Siapa Sih?

- Juli 11, 2019
Eks ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD mempertanyakan makna Habib dalam obrolan sarasehan antara Gerakan Suluh Kebangsaan dengan Majelis Hikmah Alawiyah, bagian kecil dari organisasi kehabiban.

 "Kita diskusi pertama tentang Islam atau wasiyatul Islam, moderasi Islam. Islam moderat sebagai pandangan Keislaman yang dominan dianut di Indonesia dan disepakati para pemimpin bangsa dalam kehidupan berbangsa dan bernegara bagi kaum muslimin," kata Mahfud di Jakarta, Rabu 10 Juli 2019.

Ia mengaku mendapatkan banyak ilmu dari forum tersebut. Di antaranya soal makna habib. Habib bermakna orang yang mencintai dan dicintai.

"Habib itu siapa sih? Habib itu menurut para habib ini adalah orang yang mencintai dan dicintai. Kalau orang mencintai itu bukan habib kalau tidak dicintai. Kalau hanya dicintai tidak mencintai juga bukan habib," kata Mahfud.

Bila ada berita tentang habib yang omongannya berisi kebencian, kata dia, maka hakikatnya bukan habib. Sebab seorang habib mencintai dan dicintai.
Advertisement

1 komentar:

avatar

Menurut sy kurang tepat juga pemahaman Pak prof, krn cinta tdk selamanya berbalas cinta, dan benci kadang dibalas cinta.sy menilai pendapat itu hanya ingin memojokkan org yang kelihatan keras menyuarakan kebenaran namun dianggap pembenci, bahwa kita harus mencintai dan cintai itu tdk selamanya harus begitu barulah bisa dikatakan 'habib'.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search