Jokowi Punya Esemka, RK Punya Arindo

- Juli 04, 2019
"Resmi menggunakan motor listrik utk kegiatan harian gubernur. Karya inovasi dan produksi lokal warga jawa barat yang membanggakan," kata Ridwan Kamil melalui akun instagramnya pada

"Gak ada bunyi sama sekali karena gak ada lagi knalpot. Charging 1 jam cukup utk 80 km," lanjut Gubernur Jawa Barat itu.

Ia mengklaim bahwa kendaraan tersebut sudah mulai diproduksi massal di pabrik lokal ARINDO.

"Bulan depan akan dihibahkan oleh perusahaan tersebut ke masjid2 sbg alat usaha DKM dgn sistem bagi hasil. JabarJuara‬ dengan inovasi. Geng OJOL pada mau gak, pake motor tanpa beli bensin lagi?" unggahnya dengan kalimat 'SELAMAT DATANG MASA DEPAN'.

Pemimpin daerah, mengenalkan kendaraan bermotor produk lokal, sekilas mengingatkan kita pada mantan gubernur DKI Jakarta yang juga presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi. Jokowi dulu mengenalkan mobil produk lokal bernama Esemka. Mobil itu digadang-gadang menjadi mobil andalan Indonesia.

Namun setelah dia menjadi presiden, ia mengatakan, "Urusan saya, urusan apa dengan produksi Esemka? Enggak ada urusan pemerintah. Itu dikerjakan penuh oleh industri, dikerjakan penuh oleh swasta," kata Jokowi di ICE BSD, Rabu (24/10) tahun lalu.

Kesamaan lain, adalah Ridwan Kamil diisukan menjadi kandidat capres 2024. Survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menyatakan sejumlah nama tokoh nasional dan daerah berpotensi menjadi calon presiden di 2024. Salah satu nama yang muncul yaitu Gubernur Jawa Barat Muhammad Ridwan Kamil.

Akankah Esemka terulang seperti Arindo, hanya sarana menaikkan elektabilitas saja?

Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search