Pantas Lancarkan Rezeki, Ternyata Sholat Dhuha Setara Sedekah Sebanyak Ini

- Juni 12, 2019
sholat dhuha

Para sahabat sempat terkejut ketika Rasulullah menyebutkan jumlah sedekah yang harus dikeluarkan oleh seorang muslim setiap harinya.

“Siapakah yang mampu melakukan itu wahai Nabiyullah?” demikian pertanyaan sahabat waktu itu.

Mereka terkejut karena Rasulullah menyebutkan angka 360 sedekah. Padahal umumnya orang bersedekah hanya sekali atau beberapa kali dalam sehari.

Namun Rasulullah kemudian menjelaskan bahwa setiap kebaikan adalah sedekah. Membersihkan dahak di masjid adalah sedekah, menyingkirkan sesuatu yang mengganggu di jalan juga sedekah.

Lalu beliau menjelaskan, sholat dhuha dua rakaat setara dengan 360 sedekah. Masya Allah.. luar biasa sholat dhuha.

فِى الإِنْسَانِ ثَلاَثُمِائَةٍ وَسِتُّونَ مَفْصِلاً فَعَلَيْهِ أَنْ يَتَصَدَّقَ عَنْ كُلِّ مَفْصِلٍ مِنْهُ بِصَدَقَةٍ. قَالُوا وَمَنْ يُطِيقُ ذَلِكَ يَا نَبِىَّ اللَّهِ قَالَ النُّخَاعَةُ فِى الْمَسْجِدِ تَدْفِنُهَا وَالشَّىْءُ تُنَحِّيهِ عَنِ الطَّرِيقِ فَإِنْ لَمْ تَجِدْ فَرَكْعَتَا الضُّحَى تُجْزِئُكَ

“Di dalam tubuh manusia terdapat tiga ratus enam puluh sendi, yang seluruhnya harus dikeluarkan sedekahnya.” Mereka (para sahabat) bertanya, “Siapakah yang mampu melakukan itu wahai Nabiyullah?” Beliau menjawab, “Engkau membersihkan dahak yang ada di dalam masjid adalah sedekah, engkau menyingkirkan sesuatu yang mengganggu dari jalan adalah sedekah. Maka jika engkau tidak menemukannya (sedekah sebanyak itu), maka dua raka’at Dhuha sudah mencukupimu.” (HR. Abu Dawud)

يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلاَمَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْىٌ عَنِ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنَ الضُّحَى

“Setiap pagi, setiap ruas anggota badan kalian wajib dikeluarkan sedekahnya. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, dan melarang berbuat munkar adalah sedekah. Semua itu dapat diganti dengan shalat dhuha dua rakaat.” (HR. Muslim)

Ini adalah salah satu keutamaan sholat dhuha. Senilai 360 sedekah. Karenanya sholat dhuha juga erat dengan lancarnya rezeki. Bukankah sedekah juga demikian? Bagaimana jika bukan hanya satu dua sedekah tapi 360 sedekah? [Muchlisin BK/Alumni 212]

*Pembahasan lengkap mulai dari keutamaan, tata cara, niat dan doanya bisa dibaca di artikel Niat Sholat Dhuha



Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search