MK Sebut Dalil Kecurangan Tak Terbukti, 5 Hari Sebelumnya Mahfud MD Kasih Kisi-kisi Ini?

- Juni 27, 2019
Pertimbangan hukum mengenai dalil Prabowo-Sandi terkait adanya kecurangan secara terstruktur, sistematis, dan masif di Pilpres 2019 dibacakan oleh Mahkamah Konstitusi (MK). Kubu 02 menyebut banyak dalil kepada MK untuk membuktikannya.

Dalil-dalil yang dimaksud mulai dari arahan Mendagri Tjahjo Kumolo agar ASN tidak boleh netral dalam arti sampaikan program Jokowi, deklarasi Gubernur Jateng Ganjar Pranowo bersama beberapa kepala daerah di Jateng mendukung Jokowi, kampanye terselubung dalam Silaturahmi Nasional Desa se-Indonesia, memengaruhi pendamping desa, adanya surat DPP PDIP agar kader mendaftar sebagai pendamping desa, iklan pembangunan infrastruktur di bioskop, hingga Jokowi tidak cuti saat kampanye.

MK menyatakan hal itu tidak terbukti dan tidak beralasan menurut hukum. 

"Apa yang oleh pemohon (disebut) TSM tidak terbukti. Dalil pemohon a quo juga tak beralasan menurut hukum," ujar hakim MK Wahiduddin Adams saat membacakan putusan di Gedung MK, Jakarta Pusat, Kamis (27/6). 

MK menilai dalil-dalil itu merupakan kewenangan Bawaslu dalam sengketa Pilpres 2019. MK juga menyatakan Bawaslu sudah menindaklanjuti laporan tersebut, sehingga seharusnya hal itu sudah selesai sebelum menggugat perselisihan hasil Pilpres. 

"Tidak ditemukan dalam permohonan apakah pemohon pernah membuat pengaduan yang diduga pelanggaran yang oleh pemohon disebut TSM dan sikap Bawaslu tak diketahui apakah dalil itu Bawaslu berpendapat hal itu TSM," kata Wahiduddin. 

Lima hari lalu, mantan ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD tampaknya memberikan 'kisi-kisi' apa yang terjadi pada hari ini.

"Kalau hny bilang bgt tdk melanggar hukum. Yg melanggar hukum adl kalau mengajak melakukan kecurangan. Di buku2 ilmu politik memang selalu ditulis bhw kecurangan banyak terjadi di dlm demokrasi, bahkan dikatakan bhw etika politik itu hny ada di bangku kuliah. Itu abstraksi fakta," kata dia pada 22 Juni 2019 melalui kicauan.
Advertisement

3 komentar

avatar

Sedih ternyata keadilan dan kejujuran hanya impian belaka..

avatar

Keadilan hakiki hny milik Allah SWT semata...Allah maha adil & tidak tidur,. mgkn sang Khalik pny rencana lain di balik ini smua...Amiinn

avatar
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search