Jamaah Islam Aboge Baru Hari Ini Lebaran, Ini Alasannya

- Juni 06, 2019
Pemerintah telah menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1440 H, jatuh pada Rabu (5/6/2019) kemarin. Namun hal ini berbeda dengan yang dilakukan Jamaah Islam Aboge.

Jamaah yang ada di lima kecamatan di wilayah Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur (Jatim), baru hari ini menggelar Sholat Idul Fitri 1440 H, Kamis (6/6/2019).

Jamaah ini memiliki perhitungan sendiri untuk menetapkan selesainya puasa Ramadhan. Yakni, dengan menggunakan pedoman Kitab Mujarobat.

Sholat id salah satunya digelar di Desa Leces, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo. Selain itu, sholat tersebut juga digelar Jamaah Islam Aboge di Kecamatan Dringu, Kecamatan Kuripan, Kecamatan Bantara, dan Kecamatan Tegal Siwalan.

Jamaah Islam Aboge tidak memiliki perbedaan dengan Jamaah Islam pada umumnya yang ada di Indonesia. Hanya saja, mereka memiliki penetapan berbeda untuk jatuhnya 1 Syawal 1440 H, yakni selisih satu hari setelah penetapan dari pemerintah.

"Bagi kami, yang terpenting adalah menjaga kerukunan antar umat beragama, karena pada dasarnya sama, hanya ada perbedaan pada sistem penghitungan penetapan 1 Syawalnya saja," ujar Anto, salah seorang Jamaah Islam Aboge di Kabupaten Probolinggo.

Jamaah Islam Aboge menggelar tradisi bersilaturahmi bersama dengan bersalaman dan makan bersama, serta saling mengunjungi tetangga untuk bermaaf-maafan seusai sholat id.

Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search