Banjir Sultra Makin Meluas, Merendam Ribuan Rumah

- Juni 09, 2019
Bencana banjir yang menerjang Kabupaten Konawe Utara dan Kabupaten Bungku, Sulawesi Tenggara (Sultra) terus meluas hingga melanda tujuh kabupaten/kota, Minggu sore (9/6/2019).

Ribuan rumah diperkirakan terendam banjir dan seorang tewas dalam bencana alam tersebut. Banjir juga mengepung sejumlah daerah akibatnya menyulitkan tim SAR gabungan dalam mengevakuasi warga.

Banjir ini juga dilaporkan telah membuat beberapa jembatan penghubung putus dan mengakibatkan Jalur Lintas Trans Sulawesi lumpuh. Selain itu salah satu rumah warga yang terbawa derasnya arus bencana banjir di Kabupaten Konawe.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Tenggara Boy Ihwansyah mengatakan, perkampungan yang sebelumnya nampak asri terlihat seperti lautan tanpa ada bangunan.

“Intensitas hujan yang terus meningkat dalam sepekan terakhir menyebabkan tujuh kabupaten/kota yang ada di Sulawesi Tenggara terendam banjir. Bencana alam yang merendam ribuan rumah ini menewaskan satu orang warga bernama Usman warga Desa Ulumeraka, Kecamatan Onembute, Konawe akibat terseret arus,” kata dia pada Ahad (9/6/2019)

Ia mengatakan akibat keterbatasan peralatan penunjang, Tim SAR, BPBD, Tagana, TNI dan Polri kesulitan melakukan evakuasi korban banjir terparah di sejumlah kabupaten.
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search