Soal Kematian Para Petugas Pemilu, KPU: Sudahlah Mereka Itu Sakit Bawaan

- Mei 16, 2019
Antara
Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra mengatakan, petugas pemilu yang meninggal disebabkan kelelahan. Bahkan, menteri kesehatan juga pernah menyampaikan tentang penyebab petugas pemilu yang meninggal itu.

"Sudah lah orang yang kita tahu meninggal ini memang benar karena kelelahan. Kan menteri kesehatan juga sudah bilang mereka punya penyakit bawaan," ujar Ilham di Kantor KPU, Jakarta, Rabu (15/5/2019).

Dia meminta kepada semua pihak tidak terus mengaitkan jatuhnya korban dari petugas pemilu dengan dugaan kecurangan. "Mereka memang ada yang sakit, terus bekerja dengan penuh semangat, dengan penuh dedikasi, gitu loh," ucapnya.

Sebelumnya Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) menilai dugaan atau asumsi kelelahan sebagai penyebab kematian ratusan petugas pemilu itu masih perlu dibuktikan secara medis. Laporan lengkap yang tersaji dari semua kasus kematian, bisa menjadi rekomendasi dunia medis bagi penyelenggara Pemilu 2019.

“Apalagi salah satu syarat menjadi petugas PPS dan PPK itu melampirkan surat keterangan sehat dari puskesmas atau RS terdekat. Kalau kemudian dinyatakan sehat dan terjadi seperti ini, justru memperkuat perlunya audit medis dan forensik,” tutur Ketua Umum BSMI, Djazuli Ambari, di Jakarta, Kamis (9/5/2019) lalu.

Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search