Dia Masuk Surga Padahal Tidak Pernah Sholat

- Mei 01, 2019
Ilustrasi Osipa
Idealnya seorang muslim harus melaksanakan kewajiban agar bisa masuk surga. Lalu bagaimana ceritanya tak sholat tapi bisa masuk surga?

Dari Abu Hurairah r.a. bahwa ia berkata, "Ceritakanlah kepadaku tentang seseorang yang masuk surga, padahal ia tidak pernah satu kali pun sholat!" Dan apabila mereka tidak mengetahui maka Abu Hurairah menjawab, "Dia adalah Ushairim dari Bani Abdul Asyhal, Amir bin Tsabit bin Waqsy". Itu karena sebelumnya ia enggan masuk Islam. Dan ketika terjadi Perang Uhud, barulah ia melihat kebenaran Islam dan ia pun masuk Islam. Kemudian ia raih senjata dan mengalami luka-luka.

Para laki-laki Bani Abdul Asyhal pergi untuk mencari kaum laki-laki mereka yang ikut berperang. Sehingga mereka temukan Amr bin Tsabit di antara mereka yang terbunuh dan sedang meregang nyawa. Mereka berkata, "Ini adalah Amr apa yang membawamu datang ke mari?"



Mereka pun bertanya kepada Amr, "Apakah yang membuatmu datang ke mari, apakah karena simpati kepada kaummu ataukah karena ingin masuk Islam?"

Amr menjawab, "Karena tertarik kepada Islam, aku masuk Islam. Kemudian aku berperang hingga aku mengalami apa yang kalian lihat."

Belum sampai mereka beranjak, Amr telah gugur kemudian mereka menceritakan kepada Rasulullah saw., maka beliau bersabda, "Sungguh ia termasuk penduduk surga."
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search