Bolehkah Zakat Fitrah Hari Ini atau Harus Menunggu Malam Idul Fitri?

- Mei 31, 2019
zakat fitrah
Salah satu pertanyaan yang muncul pada sepuluh hari terakhir Ramadhan seperti ini adalah bolehkah mengeluarkan zakat fitrah hari ini atau harus menunggu malam idul fitri?

Zakat fitrah adalah ibadah maliyah (harta) yang wajib dikeluarkan disebabkan berakhirnya puasa Ramadhan.

Para ulama sepakat bahwa zakat fitrah wajib dikeluarkan pada akhir Ramadhan. Namun, mereka berbeda pendapat mengenai batas waktunya dan mulai kapan zakat fitrah boleh dikeluarkan.

Kita mulai dari pertanyaan, bolehkah zakat fitrah dikeluarkan lebih awal? Menurut jumhur ulama, boleh dikeluarkan satu hari atau dua hari sebelum Idul Fitri. Abdullah bin Umar radhiyallahu ‘anhu biasa mengeluarkan zakat ini sehari atau dua hari sebelum Idul Fitri.

Menurut madzhab Syafi’i, zakat fitrah boleh dikeluarkan sejak awal Ramadhan. Sedangkan menurut madzhab Hanafi, ia boleh dikeluarkan sebelum bulan Ramadhan.

Sedangkan untuk kapan waktu kewajibannya, Sayyid Sabiq dalam Fiqih Sunnah menjelaskan, menurut Imam Ahmad, Imam Syafi’i dalam qaul jadid dan satu riwayat Imam Malik, waktu wajibnya adalah ketika terbenamnya matahari pada malam Idul Fitri karena saat itulah waktu berbuka puasa Ramadhan.

Sedangkan menurut Imam Abu Hanifah, Imam Syafi’i dalam qaul qadim dan satu riwayat Imam Malik, waktu wajibnya adalah ketika terbit fajar pada hari raya Idul Fitri.

Perbedaan ini berpengaruh pada bayi yang lahir pada malam Idul Fitri sebelum terbit fajar, apakah ia wajib dikeluarkan zakat fitrahnya atau tidak.

Menurut kelompok pertama, zakat fitrahnya wajib dikeluarkan karena ia lahir setelah waktu diwajibkan. Menurut kelompok kedua, zakat fitrahnya tidak wajib dikeluarkan karena ia lahir sebelum waktu diwajibkan.

Demikian pula pada orang yang meninggal pada malam idul fitri sebelum terbit fajar. Menurut kelompok pertama, zakat fitrahnya wajib dikeluarkan karena ia masih hidup setelah waktu diwajibkan. Menurut kelompok kedua, zakat fitrahnya tidak wajib dikeluarkan karena ia telah meninggal sebelum waktu diwajibkan. Wallahu a’lam bish shawab. [Muchlisin BK/Alumni 212]

*Pembahasan lengkap mulai dari hukum, besarnya zakat, bolehkah dengan uang hingga niat dan doanya bisa dibaca di artikel Niat Zakat Fitrah
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search