Anies Beberkan Program Entaskan Banjir yang Tak Dimiliki "Mantan"

- Mei 03, 2019
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terus berupaya mencari solusi mengatasi banjir di ibu kota. Bahkan, ia membeberkan sejumlah program pengentasan banjir.

"Yang terkait dengan program-program pengendalian banjir saya selalu sampaikan ada beberapa. Satu adalah sumber banjir karena air dari hulu. Itu solusinya dengan membangun lebih banyak kolam-kolam retensi waduk dam. Sehingga air dari hulu bergerak ke Jakarta secara lebih terkontrol," urai Anies di Jakarta, Jumat (3/5/2019).

Penyebab kedua, lanjut Anies, yakni meningkatnya permukaan air laut. "Karena itu juga penyebab banjir. Caranya adalah dengan meneruskan pembangunan tanggul di pesisir Jakarta," tambahnya.

Adapun penyebab ketiga terkait dengan banjir akibat hujan di dalam kota yang ada di beberapa wilayah.


"Wilayah-wilayah yang tanah-tanahnya itu mampu menyerap air, di situ kita bangun program drainase vertikal untuk tanah-tanah yang bisa menyerap air dengan baik. Sungai-sungai yang sekarang ada itu kita akan bangun tempat di mana ekosistem sungainya dihidupkan kembali," terang Anies.

"Menghidupkan ekosistem sungai itu supaya satu airnya jernih, mahkluk-makhluk bisa hidup di sana. Dan kalau makhluk-makhluk bisa hidup di sana artinya polusi juga rendah. Dan itu yang akan kita lakukan," sambungnya.
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search