Ucapan PSI Akhirnya Terkabul

- April 17, 2019
dok: berita satu
Hasil hitung cepat atau quick count sementara Pileg 2019, beberapa lembaga survei menyatakan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) belum bisa menembus ambang batas parlemen, yaitu 4%. Dalam quick count sementara Indo Barometer dengan suara masuk 16,33%, PSI mendapat suara 1,93%.

Ketua Umum PSI Grace Natalie optimistis partainya akan masuk ke parlemen pada Pemilu 2019. Dia berharap PSI bisa meraup suara minimum 5 persen. Hal itu dikatakan sebelum mencoblos.

Karena tak memenuhi ambang batas parlemen, berarti tidak ada wakil pun dari PSI yang melenggang ke Senayan atau jadi anggota dewan.



Tidak masuknya PSI ke Parlemen menandakan bahwa keinginan PSI terkabul. Keinginan untuk tidak akan berkoalisi dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Sekjen PSI Raja Juli Antoni pernah melontarkan wacana haram bagi partai nasionalis untuk berkoalisi dengan PKS. Menurut Antoni, ideologi partai nasionalis akan berseberangan dengan PKS.

Sikap PSI yang belum apa-apa sudah menolak koalisi menandakan ketidakdewasaan dalam berpolitik. Dalam politik ada adagium, tidak ada teman yang abadi, kecuali kepentingannya sudah mendarah daging. Di Indonesia, koalisi partai adalah sebuah keniscayaan dan tidak pernah bersumber pada platform ideologi.

Kini, keinginan PSI tidak akan pernah berkoalisi dengan PKS benar-benar terwujud. [@paramuda]
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search