Shaf Sholat Campur di GBK Itu Haram, Kata PBNU

- April 08, 2019
Wasekjen Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Masduki Baidlowi mengatakan di mana pun lokasi sholat shafnya tidak boleh bercampur laki-laki dan perempuan.

Hal itu memberikan tanggapan soal shaf campur saat kampanye akbar Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Gelora Bung Karno (GBK) kemarin.

"Dimana-mana orang sholat itu nggak boleh campur (laki-laki dan perempuan) safnya, nggak boleh, haram," kata dia pada Ahad (7/4/2019).



Ibadah sholat, kata dia, merupakan sarana umat Islam mendekatkan diri kepada Allah SWT. Karena itu, tak boleh melanggar apa yang menjadi larangan Allah SWT, salah satunya berkumpul dengan lawan jenis saat melaksanakan sholat.

"Karena tujuan salat itukan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Tujuan mendekatkan diri maka harus dihindari hal-hal yang menyebabkan kita terlibat dalam hukum yang justru menjauhkan diri kita kepada Allah SWT. Apa yang menjauhkan? Ya hal-hal yang tidak bolehnya, wong kita ini mau mendekatkan diri kepada Allah dalam melakukan kewajiban itukan hal yang harus dihindari adalah larangannya. Larangannya tidak boleh berkumpul laki-laki dan perempuan," ujar dia.

Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search