S dan B Diringkus Polisi Gara-gara Hina Jokowi via WA

- April 07, 2019
Pria berinisial S dan B warga Bogor diringkus Satuan Reserse dan Kriminal Polres Bogor, kemarin. Pasalnya mereka diduga sengaja menghina Presiden Jokowi dengan cara berorasi lalu direkam menggunakan video ponsel dan disebar di grup percakapan WhatsApp.

Kasubbag Humas Polres Bogor AKP Ita Puspitalena menjelaskan, penangkapan kedua pelaku di hari yang berbeda. S yang berperan sebagai perekam dan penyebar video di grup whastapp ditangkap di rumahnya di Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor, pada Kamis, 4 April 2019 pukul 21.20.

Sedangkan B yang berperan sebagai orang yang berorasi dan direkam oleh rekannya ditangkap di kediamannya di Kecamatan Gunungputri, Kabupaten Bogor, Jumat, 5 April 2019 kemarin.



"Dari hasil penyidikan, pelaku melakukan orasi dan berkata-kata yang menjelek-jelekan Presiden RI Joko Widodo atas kehendak sendiri," ujarnya seperti dilansir Sindo.

Kedua pelaku sudah diamankan di Mako Polres Bogor untuk dilakukan penyidikan lebih lanjut. "Sementara untuk barang bukti yang diamankan yaitu HP merek Oppo milik S yang digunakan untuk merekam dan menyebarkan video dan HP Merk Samsung milik B," jelasnya.

Pelaku dikenakan Pasal 45 ayat (3) UU RI No 19/2016 tentang perubahan UU RI No. 11/2008 dan atau Pasal 45A ayat (2) UU RI No.19/2016 tentang perubahan atas UU RI No.11/2008 tentang ITE dan atau Pasal 14 ayat (1) UU No 1/1946 tentang peraturan hukum pidana dan atau Pasal 157 ayat (1) KUHP.


Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search