Erdogan Dukung Prabowo Adalah Hoaks, Begini Penjelasannya

- April 08, 2019
Di media sosial beredar Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengacungkan dua jari sebagai dukungan untuk capres Prabowo Subianto, telah dibagikan ribuan kali di Facebook. Unggahan tersebut diterbitkan 28 Maret 2019 dan sudah dibagikan lebih dari 9.400 kali sejak itu.

Benarkah Erdogan mendukung Prabowo?

Media Prancis, AFP, yang menelusuri gambar itu memastikannya sebagai kabar palsu atau hoaks.

Dalam postingan tersebut terlihat Erdogan duduk di kursi pesawat sambil mengacungkan dua jari. Ada tulisan "PRABOWO-SANDI" di sebelah kanan atas dan nama serta tanda tangan Erdogan di sebela kiri gambar tersebut."PRABOWO SANDI DINANTI DUNIA!" bunyi posting gambar tersebut pada akun Facebook Revy Sukma.


Gambar itu hasil rekayasa. Pencarian gambar Google secara lebih lanjut menunjukkan gambar aslinya adalah posting Instagram yang diterbitkan 2 Februari 2019 oleh Teuku Riefky Harsya, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia. Foto di Instagram itu menunjukkan Sandiaga Uno bersama Riefky Harsya duduk bersebelahan di bangku pesawat sambil mengacungkan dua jari. Kalimat dalam posting tersebut berbunyi; "Bismillah, menuju Banda Aceh".

Di sudut kanan bawah gambar Erdogan yang menyesatkan terdapat tulisan “PhotoGrid”. Pencarian Google mengungkapkan bahwa itu adalah aplikasi pengeditan foto.

Aplikasi PhotoGrid di Google Play menjelaskan; "Buat tata letak yang menyenangkan dan unik dengan mencampur foto Anda sendiri dan membagikannya di platform sosial!"

Pencarian kata kunci gambar Google untuk "Erdogan" menemukan gambar asli wajahnya yang digunakan dalam posting Facebook tersebut. Itu sebenarnya adalah foto profil Erdogan yang diterbitkan oleh majalah Forbes.

Gambar Erdogan telah di-cropping, diputar dan dibuat hitam-putih. Ada kejanggalan dalam foto editan tersebut, yakni beberapa rambut Sandiaga Uno masih bisa terlihat menyembul di belakang kepala Erdogan.

Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search