PDIP Beri Rp2 Juta Bagi yang Melihat Praktik Money Politic, Sementara Itu..

- Maret 11, 2019
Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) berjanji memberikan uang Rp 2 juta bagi siapa saja yang menemukan praktik money politics. Demikian dikatakan Ketua DPP Bidang Ideologi dan Kaderisasi PDIP Idham Samawi memiliki cara mencegah menjamurnya money politics di Pemilu 2019.

“Saya ingin mengajak, khususnya alumni (SMA Yogyakarta) dan siapa saja, kalau mampu menemukan money politics, kita akan beri reward Rp 2 juta,” ujar Idham di Sleman City Hall, Yogyakarta, Sabtu (9/3).

Ia menyebut hal serupa pernah dilakukan pada Pemilu 2014. Saat itu, dia mengklaim, ada 21 orang yang mendapat hadiah usai melaporkan praktik politik uang.

“2014 juga kami lakukan, waktu itu bisa 21 warga masyarakat yang berhasil menangkap. Dikalikan Rp 2 juta, jadi Rp 42 juta waktu itu,” kata dia.



Sayembara ini dilakukan untuk membantu aparat dalam mengawasi pemilu. Serta melibatkan masyarakat untuk menjaga pemilu yang bersih.

“Tujuannya bukan urusan Rp 2 juta, tapi keterpanggilan kepada bangsa dan negara,” tegasnya.

Uang Rp 2 juta semata-mata, kata dia, untuk mengganti biaya. Seperti tenaga dan waktu yang disisihkan dalam proses pelaporan praktik money politics.

“Tapi kalau mampu melakukan itu, mereka harus luangkan waktu, nanti bawa pelaku ke kantor polisi, tapi saya ingatkan dan berpesan, jangan, jangan digebuki dan sebagainya. Laporkan serahkan ke polisi, berita acara polisi itu kita ganti Rp 2 juta,” ujarnya.
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search