Istilah Serupa Sebelum Infrastruktur Langit

- Maret 18, 2019
kumparan
Cawapres Kiai Ma'ruf Amin sempat menyebut pemerintah telah berhasil mengembangkan infrastruktur langit, atau yang dimaksud dengan proyek Palapa Ring yang diluncurkan beberapa waktu lalu.
"Kebetulan pemerintah kita sekarang sudah bisa membangun infrastrukur, baik infrastruktur darat, laut, udara, dan langit. Infrastruktur langit itu adalah Palapa Ring," ujar Ma'ruf dalam debat cawapres di Jakarta pada Ahad (17/3/2019).
Dengan dibangunnya infrastruktur langit, kata dia, dapat mendorong tumbuhnya industri startup hingga menjadi unicorn.



"Karena infrastruktur digital maka sekarang tumbuh usaha-usaha seperti startup bahkan juga unicorn, bahkan juga akan ada decacorn. Maka tenaga (kerja) kita harus disiapkan untuk tantangan ke depan, untuk menyiapkan anak-anak kita menghadapi 10 years challenge," tuturnya.
Pada pertengahan Januari lalu, tol langit memang pernah dilontarkan Menteri Kominfo Rudiantara. Rudiantara bersama dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani melakukan ujicoba operasional Palapa Ring Tengah di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara. "Sekarang ada tol darat, tol laut, dan ini tol langit sebagian," kata Rudiantara. Tol langit adalah perumpamaan untuk akses internet bebas hambatan bagi desa dan kota di seluruh Indonesia, tanpa terkecuali. "Ini dimungkinkan dengan hadirnya Palapa Ring," kata Rudiantara.
Rudiantara menjelaskan bahwa jika seluruh Palapa Ring Barat, Tengah, dan Timur sudah terintegrasikan, operasional akses internetnya akan seperti jalan tol. "Jadi aplikasi-aplikasi, data-data lebih gampang lewat. Jadi, seperti tol langit," jelasnya dalam ulasan Majalah GATRA edisi 18 Tahun XXV.
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search